Membuat Mayonaise Homemade dengan Takaran Pas, Kocok Manual

Assalamualaikum temen-temen, kali ini Teteh mau share resep Mayonnaise Homemade. Mayonnaise atau biasa disebut mayo merupakan saus yang creamy dan kental yang aslinya berasal dari Mahon, Spanyol. Di Spanyol, saus ini dikenal dengan nama Mahonesa atau Mayonesa. Mayonnaise merupakan emulsi stabil yang berasal dari campuran minyak, kuning telur, dan cuka (vinegar) atau air jeruk lemon, seringkali ditambahkan aneka rempah dan bumbu untuk menambah cita rasanya.Warna pada mayonnaise bervariasi umumnya putih, krem atau kuning pucat. Teksturnya juga bervariasi mulai dari agak encer hingga sangat kental. Penasar bagaimana cara membuatnya? Yuk simak teman-teman .

Bahan : 
- 2 butir kuning telur
- 1 sdt mustard. 
- 2 sdm perasan jeruk lemon
- 1/2 sdt cuka apel 
- 350 ml salad oil bisa pake minyak canola atau minyak sayur lainnya, sebaiknya pilih minyak yang tidak memiliki aroma seperti minyak kacang tanahp
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam

Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat :
- Campurkan kuning telur dengan jat asam seperti mustard, perasan jeruk lemon dan cuka apel. Kocok hingga tercampur rata dan lembut.Kuning telur mengandung lecithin dan berperan sebagai emulsifier yang membuat minyak mampu tercampur baik dengan bahan lainnya dan membentuk krim kental. 
Peran mustard sendiri di dalam mayonnaise adalah sebagai emulsifier sebagaimana kuning telur, ini karena biji mustard mengandung protein, karbohidrat dan minyak. Ketika biji dihancurkan dan dicampur dengan bahan lainnya maka protein dan karbohidrat akan mengikat minyak, lebih tepatnya melapisinya dan membuat minyak mampu menyatu dengan bahan-bahan yang mengandung air lainnya di mayonnaise..
- 30 detik pertama masukkan salad oil sedikit demi sedikit. Sambil terus dikocok hingga habis.
- Kocok hingga mengental. Bisa dikocok manual dengan ballon whisk bisa juga dengan mixer. 
- masukkan garam dan lada. Cicipi rasa jika kurang asem bisa tambahkan lemon dan jika kurang asin bisa tambahkan garam. Aduk rata.
- simpan di kulkas bisa tahan selama 1 Minggu ya
Gimana teman-teman? Mudah sekali bukan? Jangan lupa mencoba dirumah ya, semoga berhasil. Untuk cara lebih jelasnya kalian bisa lihat video di bawah ini. Terimakasih, wassalamuailakum.

0 komentar:

Posting Komentar