Bumbu Kuah Rahasia Ala Resto , Pantesan Jadi Enak. KALDU AYAM HOMEMADE

Assalamualaikum semuanya
Kali ini teteh mau share rahasia masakan kalian jadi enak. Jangan lupa kalian bikin kaldu ayam ini ya buat stok di kulkas dijamin masakan pasti tambah sedap. Kaldu ayam juga satu-satunya sumber makanan alami untuk kolagen dan gelatin, yang membantu membentuk jaringan ikat dalam tubuh. Kaldu ayam memiliki nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan, kekebalan dan kesehatan otak.Kaldu ayam biasa digunakan di masakan atau makanan untuk menambah dan memperkuat rasa. Kaldu ayam bisa digunakan untuk membuat sup, bubur, Sapo tahu, mie godog, soto dan makanan berkuah lainnya. Penasarankan? Yuk simak resep berikut temen-temen 

Bahan :
- 300 gr tulang ayam ( aku gunakan tulang ayam dan sayap ayam) 
- air secukupnya untuk blancing tulang
- 2 sdm minyak
- 1 buah bawang bombay 
- 2 siung bawang putih, digeprek
- 1 buah wortel 
- 1/2 batang celery import ( bisa juga pake daun bawang) 
- 2 liter air
- 3 lembar bay leaves
- 1/2 sdt tyme leaves

Resep yang mungkin kalian sukai:

Cara membuat :
Pertama didihkan air secukupnya dengan api sedang. 
Ketika mendidih,masukkan tulang ayam. Disini teteh tambah sayap ayam juga ya Rebus 5 menit aja ngga usah lama lama ya. Metode ini dinamakan blansir tujuannya supaya bau amis dan kotoran pada ayam bisa terangkat. 
Setelah 5 menit angkat dan sisihkan dulu ya. Selanjutnya siapkan sayur-sayuran. Kita potong 1 buah bawang bombay menjadi 8 bagian. Selanjutnya geprek bawang putih.Potong potong juga wortel ya
Nah potongan sayuran dan bawang jangan terlalu tipis nanti cepet hancur dan warna kaldunya tidak putih.
Selanjutnya disini teteh pake celery alias celedry import kita pake bagian batangnyaKemudian sisihkan bagian luar batangnya. Potong-potong tidak terlalu tipis. Kalo ngga ada kalian bisa pake daun bawang. 
Panaskan minyak sekitar 2 sdm. Tumis bawang bombay. Hingga layu. Tumis sekitar 45 detik. Masukkan bawang putih. Tumis hingga harum. 
Masukkan wortel. Tumis lagi sebentar. Seperti biasa teteh tumis nya sekitar 45 detik sampe 1 menit. 
Masukkan celery dan juga ayam. Aduk rata tumis hingga tercium bau harum. Setelah tercium bau harum, angkat. 

Siapkan 2 liter air, masak hingga mendidih. Masukkan tumisannya. Kecilkan api, Masukkan bayleaf dan tyme. Aduk rata. 
tutup dan masak dengan api kecil Selama 25 menit atau hingga tercium bau harum dan keluar kaldunya, setelah itu saring ya, tunggu sampe dingin baru simpan di kulkas atau freezer. 
Simpan freezer bisa tahan 1 bulan ya. Kalo di chiller tahan seminggu. 
Untuk sisa rebusannya masih bisa ditumis ko teman-teman ayam bisa dibuat ayam suwir dan sayuran bisa buat tambahan capcay. 

Selamat mencoba ya semoga bermanfaat. Jika kalian ingin lebih jelas bagaimana proses pembuatannya , kalian bisa lihat video di bawah ini ya. Terimakasih, wassalamualaikum 






0 komentar:

Posting Komentar