Resep Sate Lilit Khas Bali yang Simpel dan Anti Gagal

Assalamu'alaikum, Teman Tehyun! Apa kabar hari ini? Pasti lebih cerah dengan adanya resep kuliner Nusantara, yaitu Sate Lilit Khas Bali yang simpel dan anti gagal. Sate Lilit tidak hanya lezat tapi juga mengandung nilai budaya yang mendalam bagi masyarakat Bali. Kata 'lilit' yang berarti mengelilingi atau membungkus, simbolisasi dari kebersamaan. Nah, yuk kita coba buat sendiri di rumah!

Di Bali, Sate Lilit adalah lebih dari sekedar makanan. Ini adalah simbol pemersatu, melambangkan kekuatan dan kebersamaan. Uniknya, sate ini menggunakan bahan dasar daging ayam dan ikan tenggiri, yang dililitkan pada tusukan bambu atau batang serai.
Bahan : - 200 gr daging ayam giling halus - 100 gr ikan tenggiri giling halus - 1.5 sdm kelapa muda parut - 1 sdm santan kental - gula pasir, garam, penyedap rasa, lada bubuk secukupnya - 10 batang serai (tusuk sate) Bumbu halus: - 3 bawang merah - 3 bawang putih - 3 cabe merah keriting - 1/2 pcs kunyit bakar - 1 ruas jahe - 2 butir kemiri (sangrai) - 1 sdt ketumbar (sangrai) - 1/2 sdt atau 1/2 buah terasi bakar - 1/2 batang serai (ambil putihnya), dicincang - 4 lembar daun jeruk, dicincang - 1 sdm minyak goreng untuk menumis - air secukupnya untuk haluskan bumbu

Resep yang mungkin kalian suka :
Cara Membuat :
Bumbu halus menjadi kunci utama kelezatan Sate Lilit. Campurkan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, jahe, kemiri, ketumbar, terasi, serai, dan daun jeruk. Haluskan semua bahan
Semua bumbu ini dihaluskan dan ditumis hingga matang untuk mendapatkan rasa yang maksimal.
Setelah bumbu siap, campurkan daging ayam giling, tenggiri giling, kelapa parut, santan, dan bumbu yang sudah ditumis. Bumbui dengan garam, lada, kaldu bubuk, dan gula. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna , Tambakan garam, lada bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir, aduk rata lagi 

Ambil adonan sate dan lilitkan pada batang serai yang sudah disiapkan. Pastikan adonan melekat dengan baik agar saat dipanggang tidak lepas. Teknik melilit ini juga yang membuat Sate Lilit berbeda dari sate lainnya.
Panggang sate lilit yang sudah dibentuk hingga matang dan berwarna kecokelatan. Aromanya yang harum dan rasa yang gurih akan membuat Sate Lilit menjadi hidangan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

Wassalamu'alaikum, Teman Tehyun! Itulah resep Sate Lilit Khas Bali yang gampang dibuat dan pastinya anti gagal. Cobain yuk di rumah, dan rasakan kelezatannya langsung! Bagi yang ingin melihat proses pembuatannya lebih detail, bisa cek video di bawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba!

Slug: resep-sate-lilit-bali-simpel-anti-gagal Deskripsi Meta: Temukan resep Sate Lilit Khas Bali yang simpel dan pasti berhasil! Ikuti panduan mudah dari teteh untuk membuat Sate Lilit dengan rasa autentik yang gurih dan nikmat, sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar