Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar

Resep Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar

Kali ini AsahidtehYung akan membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar yang rasanya enak dan lembut sekali pasti bunda - bunda sekeluarga suka.

Cara pembuatannya mudah dan tidak sulit ko pasti bunda - bunda semua bisa mencoba juga di rumah. Oke langsung saja berikut di bawah ini adalah alat dan bahan yang perlu disiapkan serta cara membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar.

Alat Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar :

· Wajan

· Paper cup

· Cetakan bolong- bolong

· Mixer

· Kukusan

Bahan Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar :

· 250 gr tepung terigu protein sedang

· 250 gr gula merah di iris halus

· 1 sdm gula halus

· 200 ml air

· 50 ml minyak goreng

· ½ sdt baking soda

· ½ sdt baking powder

· 2 butir kuning telur


Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar :

Siapkan wajan, masukan gula merah dan air. Masak hingga gula merah larut dan gunakan api kecil.Masaknya sambil digoyang - goyangkan wajannya jangan diaduk agar bolu gula merah tidak pahit.

Kalau sudah mencair, masukkan gula pasir dan aduk sampai gula larut. Setelah gula larut, matikan apinya.Tunggu hingga gulanya dingin dan uapnya hilang , lalu sisihkan .

Siapkan paper cup dan cetakan bolong - bolong, masukkan paper cup kedalam cetakan bolong - bolong. Sisihkan.

Kemudian selanjutnya, campurkan bahan kering yang terdiri dari tepung terigu, baking soda , dan baking powder lalu aduk rata dan ayak menggunakan saringan.

Masukan kuning telur ke dalam bahan kering lalu aduk rata.

Tuang gula yang sudah dilarutkan tadi sedikit demi sedikit sambil dimixer dengan kecepatan paling rendah. Pastikan gula cairnya sudah dingin jangan dalam keadaan panas ya. mixer sampai tercampur rata.

Kalau sudah tercampur rata, masukkan minyak goreng sambil tetap dimixer kembali dengan kecepatan rendah sampai benar - benar tercampur rata. Setelah adonan tercampur rata, matikan mixernya.

Tuangkan adonan Bolu Kukus Gula Merah Mekar hingga penuh ke dalam cetakan bolong -bolong yang telah dialasi paper cup.

Kukus Adonan bolu kukus gula merahnya selama 15 menit , gunakan api besar dan pastikan kukusan harus sudah mendidih ya airnya.Saat mengukus juga diberi jarak setiap adonan dalam cetakan jangan terlalu rapat.

Setelah 15 menit , angkat bolu kukus gula merah mekar dari kukusan dan sajikan di atas piring.

Demikianlah cara pembuatan Bolu Kukus Gula Merah Mekar, sangat mudah bukan? Selamat mencoba di rumah yah , semoga berhasil. Sekian dari asahidtehyung semoga bermanfaat. Jangan lupa ikutin terus resep - resep lainnya yah. Terima Kasih.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Mekar ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar