Cara Membuat Bolu Wortel Sehat Dengan Kacang Mede

Resep Membuat Bolu Wortel Sehat

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep Bolu Wortel. Buat vegetarian cocok banget nih bolu wortel yang tidak hanya sehat tapi juga banyak manfaatnya.

Bolu wortel ini juga jadi enak banget rasanya apalagi setelah dipadukan dengan kacang mede namun, jika kacang medenya tidak ada atau tidak suka bisa juga tidak pakai ya.Langsung aja yuk kita siapkan bahan membuat Bolu Wortelnya dan tehyung juga akan kasih tahu bagaimana cara membuatnya ya.

Bahan Membuat Bolu Wortel :

- 150 gram tepung terigu protein sedang

- 2 butir telur ayam

- 100 gram gula pasir

- 80 ml minyak sayur

- 1/4 sdt garam halus

- 1/2 sdt essens vanilla atau bisa juga diganti 1/4 sdt vanili bubuk

- 1/2 sdt Baking Powder ( bagusnya yang Double Acting )

- 50 gram kacang mede, sangrai & cincang kasar

- 200 gram wortel,diparut

Bahan Oles Loyang :

- 1 sdm minyak

- 1 sdm margarin

- 1 sdm terigu

>> Campurkan semua bahan oles loyang.aduk rata. Kemudian siap digunakan untuk mengoles loyang.


Cara Membuat Bolu Wortel :

Pertama-tama siapkan loyang ukuran 20 * 10 * 7 cm Kemudian oles seluruh permukaan dengan bahan oles loyang yang biasa tehyung kasih ya.

Selanjutnya, Panaskan oven suhu 180 api atas bawah selama 20 menit atau sesuai Oven masing-masing.

Campurkan semua bahan kering yang terdiri dari tepung terigu, garam halus, dan baking powder menjadi satu.Kemudian aduk rata.Sisihkan.

Kocok telur, gula pasir, dan essens vanilla menggunaan mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit atau hingga mengembang, putih, berjejak. Kalau sudah matikan mixernya.

Masukkan campuran terigu sambil diayak ke adonan yang sudah dikocok dengan mixer tadi.Disini aku masukin terigunya dalam tiga tahap aduk sampai rata.

Setelah itu, masukkan wortel yang sudah diparut. Sebelumnya, wortelnya dikupas dulu kemudian dicuci lalu ditimbang setelah itu diparut menggunakan parutan keju. Aduk sampai rata.

Kemudian, masukkan kacang mede yang sudah disangrai dan dicincang kasar atau boleh juga menggunakan blender untuk melembutkan kacangnya.

Masukkan minyak aduk dengan teknik aduk balik sampai tercampur rata dan tidak ada endapan minyak yang tertinggal karena itu bisa menyebabkan bantat.

Tuangkan adonan bolu wortel ke loyang yang sudah dioles bahan olesan.

Setelah dituangkan ke loyang, oven bolu wortel dengan suhu 180, api atas bawah selama 40 menit atau tergantung oven masing - masing yang bunda punya di rumah ya.

Jika sudah 40 menit keluarkan bolu wortel dari dalam oven dan jika masih ragu apakah sudah matang atau belum, bisa dilakukan tes tusuk. Tandanya sudah matang yaitu ketika dites tusuk tidak ada lagi adonan yang menempel ke tusuk sate.

Dinginkan dan potong-potong Bolu Wortel sesuai selera. Bolu Wortelpun siap dinikmati bersama keluarga tercinta.

Bagaimana ternyata mudah sekali kan membuat Bolu Wortel ? Silahkan dicoba di rumah ya bunda - bunda.terima kasih sudah berkunjung ke blog asahidtehyung.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas, bunda - bunda bisa lihat video Cara Membuat Bolu Wortel Sehat ini ya :

1 komentar: