Cara Membuat Puding Susu Keju yang Enak

Resep Puding Susu Keju

Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep puding susu keju yang enak. Perpaduan susu dan keju pada puding susu keju ini membuat siapapun yang sedang bosan dengan menu puding yang identik dengan rasa manis ingin mencobanya. Jadi, tidak ada salahnya bunda coba juga buat puding susu keju ini di rumah ya.

Meskipun menggunakan telur yang lumayan banyak, tapi rasa dari puding susu keju ini tidak amis lho. Alasannya karena vlanya udah tehyung campur dengan vanili. Jika tidak ada vanili, boleh pakai vanilla essens ya. Fungsi vanili disini tidak hanya memberikan aroma vanila tapi juga manghilangkan bau amis dari kuning telurnya.

Nah, pada saat membuat puding susunya, putih telur yang sudah dikocok hingga berbusa dan mengembang langsung ditambahkan bahan agar - agar yang sudah dimasak. Agar - agarnya harus dituangkan dalam keadaan panas ( baru diangkat dari kompor ) tujuannya agar putih telurnya jadi matang ya. Jika ingin membuat puding susu kejunya, Simak dan catat resep puding susu keju berikut ini :


Alat Membuat Puding Susu Keju :

· Wadah

· Wajan

· Mixer

· Spatula

Bahan Membuat Puding Susu Keju :

Bahan Vla :

· 5 butir kuning telur

· 3 sdm tepung maizena

· ½ sdt vanili

· ¼ sdt garam

· 300 ml susu kental manis

· 600 ml santan

Bahan puding :

· 2 sachset agar – agar tanpa rasa

· 200 gr gula pasir

· 600 ml air

· 5 butir putih telur

Topping Puding Susu Keju :

· Keju parut secukupnya

Cara Membuat Puding Susu Keju :

Langkah pertama, Campurkan semua bahan vla yang terdiri dari kuning telur , tepung maizena , vanilli , garam , susu kental manis dan santan. Masukkan ke dalam wajan aduk hingga tercampur rata dan Masak dengan api kecil cenderung sedang hingga mendidih sambil terus diaduk - aduk .

Jika sudah mendidih dan mengental, matikan api kompor. Angkat dan tuangkan adonan vla ke dalam wadah. Sisihkan.

Selanjutnya, untuk membuat bahan puddingnya, pertama - tama mixer putih telur hingga berbusa. Mixer dengan menggunakkan kecepatan tinggi. Jika putih telur sudah berbusa, masukkan gula pasir secukupnya sesuai selera. Sisakan gula pasir untuk memasak agar - agar, mixer hingga mengembang. Jika sudah mengembang, matikan mixer lalu sisihkan .

Siapkan wajan, Masak agar - agar tambahkan sisa gula pasir dan air. Masak hingga mendidih dan meletup - letup dengan menggunakan api sedang sambil terus diaduk - aduk.

Jika sudah mendidih, matikan api dan angkat agar - agar yang sudah matang. Langsung tuangkan ke adonan putih telur yang sudah mengembang. Mixer hingga tercampur rata dengan kecepatan rendah.

Selanjutnya, Jika sudah tercampur rata, tuangkan puding susu di atas wadah yang sebelumnya diberi vla. Tambahkan parutan keju diatasnya.

Agar lebih enak, simpan puding susu keju didalam lemari es hingga dingin dan agak mengeras. Puding susu kejupun selesai dibuat serta siap untuk dinikmati. Yummy!

Demikian cara membuat puding susu keju, cukup mudah bukan? Jika masih kurang jelas mengenai cara pembuatannya, silahkan lihat video Cara Membuat Puding Susu Keju ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar