Cara Membuat Putri Ayu yang Lembut


Hai, jumpa kembali di blog asahidtehyung. Kali ini TehYung akan membuat menu tradisional yang sudah tidak asing lagi didengar yaitu Kue Putri Ayu.

Walaupun sudah tidak asing lagi, tetapi putri ayu tetap menjadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang lezat. Penasaran bagaimana cara pembuatannya ? Berikut di bawah ini adalah penjelasannya .

Bahan Membuat Putri Ayu :
- ½ sdt SP
- ½ sdt baking powder
- Pasta pandan secukupnya
- 150 ml santan, masak terlebih dahulu agar putri ayu tidak cepat basi
- 150 gr tepung terigu
- Kelapa muda parut yang telah di beri sedikit garam dan di kukus selama 15 menit
- 125 gr gula pasir
- 2 butir telur

Resep yang mungkin kalian sukai : 
RESEP KUE LAPIS TRADISIONAL YANG CANTIK DAN KENYAL 

Cara Membuat Putri Ayu :
- Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi selama 15 menit. Tambahkan ½ sdt baking powder ke dalamnya sambil terus dimixer. Tambahkan SP lalu mixer lagi selama 20 menit.
- Setelah 20 menit, masukkan tepung terigu dan santan secara bergantian. Mixer lagi dengan kecepatan rendah sebentar saja asal rata.
- Kemudian, masukkan pasta pandan lalu mixer lagi sampai pasta pandan tercampur rata dengan adonan.
- Masukkan kelapa parut yang telah dikukus ke cetakan putri ayu. Masukkan secukupnya sambil agak ditekan-tekan. tujuannya dikukus agar kelapanya tidak mudah basi. 
- Masukkan adonan ke dalam cetakan putri ayu yang telah diberi parutan kelapa. Masukan hingga cetakan terisi agak penuh.
- Kukus adonan Putri Ayu selama 25 menit dengan api kecil cenderung sedang. Jangan lupa lapisi tutup kukusan dengan serbet agar tidak ada uap air yang menetes ke adonan. Kukusan sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai airnya mendidih 
- Setelah matang, angkat dan keluarkan putri ayu dari dalam kukusan. Dinginkan.
- Keluarkan putri ayu yang sudah dingin dari cetakannya.
- Putri ayu siap disajikan

    Demikian cara pembuatan putri ayu yang lembut. Mudah sekali bukan? Jangan lupa untuk di coba di rumah yah, semoga berhasil dan semoga keluarga di rumah suka. Sekian dari asahidtehyung jangan lupa ikutin terus resep-resep lainnya yah. 

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Video Cara Membuat Putri Ayu yang lembut di bawah ini ya :

Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar