Cara Membuat Bakpao Isi Coklat

Resep Bakpao Isi Coklat

Hai, selamat datang di Blog Asahid dan TehYung, kali ini TehYung akan membuat Bakpao Isi Coklat. Pastinya penggemar bakpao ini banyak banget kan ? dan pasti hampir semua orang pernah makan bakpao. Ada banyak sekali isian untuk bakpao ini. Ada yang isi daging, isi selai strawberry, isi coklat, isi kacang ijo, isi kacang merah dan masih banyak lagi.

Bakpao ini pas banget kalo dimakan saat masih hangat. Cara buatnya ga sulit ko, langsung saja tehyung bagikan resepnya ya. Di bawah ini adalah alat dan bahan yang perlu disiapkan serta cara

Membuat Bakpao Isi Coklat.

Alat Membuat Bakpao Isi Coklat :

• Wadah

• Sendok

• Roling pin

• Paper cup

• Kukusan

Bahan Membuat Bakpao Isi Coklat :

• 230 gr tepung terigu protein rendah

• 1 sdm tepung maizena

• 3 sdm gula halus

• 125 ml air hangat

• 1 sdm ragi instan ( fermipan )

• ¼ sdt garam halus

• 30 gr mentega putih

Cara Membuat Bakpao Isi Coklat :

Pertama - tama buat bahan biangnya terlebih dahulu yaitu dengan cara masukkan 1 sdm fermipan, 1 sdm gula halus dan 1 sdm tepung terigu ke dalam air hangat yang tadi sudah disiapkan.

Aduk rata menggunakan sendok, lalu diamkan selama 10 menit hingga berbuih.

Langkah selanjutnya, siapkan wadah masukkan tepung terigu, tepung maizena, gula halus  dan bahan biang yang tadi telah didiamkan hingga berbuih. Kemudian, uleni dengan tangan hingga tercampur rata.

Jika sudah tercampur rata, masukkan mentega putih lalu uleni kembali hingga tercampur rata.

Terakhir, masukkan garam. Oh ya bunda jangan lupa ya untuk garam di masukkannya terakhir karena sifat garam yaitu mengikat air. Uleni hingga adonan kalis.

Jika adonan bakpao sudah kalis, selanjutnya tutup adonan dengan kain basah lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit, buka kainnya lalu uleni kembali sebentar agar udara yang terperangkap di adonan bakpaonya keluar.

Selanjutnya, potong - potong adonan sesuai selera. Pastikan adonan tidak terlalu lama di dalam suhu ruang tujuannya agar bakpaonya nanti menggembang dengan baik.

Gilas satu persatu bagian adonan yang telah dipotong dengan menggunakan rolling pin.

Selanjutnya setelah digilas dan dipipihkan, beri isian sesuai selera bisa dengan meisses, coklat, keju, selai ataupun yang lainnya sesuai selera masing - masing.

Kemudian, setelah diberi isian bulatkan kembali adonan hingga menutupi semua isiannya. Untuk bentukpun bisa disesuaikan dengan selera masing - masing tidak selalu harus bulat ya.

Jangan lupa bagian bawahnya dialasi dengan paper cup atau daun.

Setelah dibentuk, sambil menunggu semua bakpao selesai dicetak masukkan bakpao ke dalam wadah dan tutup. Tujuannya agar udaranya tidak keluar sehingga bakpaonya saat dikukus mekar dan mengembang.

Jika sudah selesai, diamkan adonan bakpao selama 20 menit dalam wadah tertutup sebelum dikukus.

Selanjutnya setelah didiamkan selama 20 menit, kukus bakpao selama 10 menit dengan api sedang di dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga mendidih.

Jika sudah 10 menit berarti bakpao sudah matang, selanjutnya angkat bakpao dari kukusan lalu tata di atas piring.Dan pembuatan Bakpao Isi Coklatpun selesai serta siap dinikmati bersama keluarga tercinta. Yummy!

Demikianlah cara permbuatan Bakpao Isi Coklat. Cukup mudah bukan ? Jangan lupa untuk dicoba di rumah yah, semoga berhasil. Sekian dari Asahid dan TehYung, semoga bermanfaat. Jangan lupa tjuga cobain resep kue sus isi vla vanila juga di sini ya. Terima Kasih.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas silahkan lihat videonya di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar