Cara Mudah Membuat Ketan Kuning Serundeng

Ketan Kuning Serundeng 

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep cara membuat ketan kuning serundeng. Bunda - bunda dan siapapun pasti hampir semua sudah kenal dengan kue tradisional yang satu ini. Rasa dari ketan kuning serundeng ini gurih dengan wangi yang khas dari kunyit menambah sedap rasanya apalagi ditambah dengan kelapa berbumbu ( serundeng ) yang pedas, manis dan gurih. yummy!

Jika sedang bosan dengan menu yang itu - itu saja, ketan serundeng ini cocok banget lho dijadikan sebagai penggantinya. Bentuknya tidak harus bulat seperti bakpao katan ini juga bisa divariasikan bentuknya misalnya dibentuk tumpeng tinggal ditambah ayam goreng, orek tempe, telur dadar yang diiris - iris, mie goreng, hiasan tomat, kacang panjang, cabe, mentimun dan lain-lain maka akan semakin istimewa.

Cara membuatnya mudah dan tidak sulit ko. Langsung saja ya asahidtehyung tuliskan resep cara membuat Ketan Kuning Serundengnya.


Bahan Ketan Kuning :

- 1 Liter beras ketan, dicuci dan direndam selama 3 jam agar empuk.

- 1 sdm garam

- 1 sdm kunyit bubuk

Bahan Serundeng :

- 300 gram kelapa parut

- 75 gram gula merah, disisir

- 2 buah cabe keriting

- 1/4 sdt garam

- 1/2 sdt lada bubuk

Cara Membuat Ketan Kuning Serundeng :

Tiriskan beras yang sudah direndam selama 3 jam dan sisakan sedikit airnya. kemudian, campurkan beras ketan dengan garam dan kunyit bubuk. Diamkan lagi selama 1 jam agar kunyit dan garamnya lebih meresap. Sisihkan.

Selanjutnya, siapkan ulekan dan ulek halus gula merah, cabe, garam serta lada bubuknya. Angkat dan sisihkan.

Sangrai kelapa parut dengan api kecil selama 15 menit atau hingga kelapa parut kering dan berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah berubah warna menjadi kecoklatan angkat.

Ulek kelapa yang sudah disangrai hingga halus. Campurkan dengan gula merah yang sebelumnya sudah dihaluskan dan dicampur cabe, garam dan lada. Ulek lagi hingga halus dan tercampur rata. Angkat dan sisihkan.

Setelah selesai membuat serundeng, sekarang tuangkan beras ketan ke kukusan bambu. Masak dengan api besar selama 15 menit atau hingga beras menjadi mekar.

Setelah 15 menit, angkat beras ke wadah yang besar. Ambil 450 ml air dari dalam dandang kukusan kemudian siramkan ke beras ketan sambil di aru ( diaduk - aduk ) beras ketannya. Setelah selesai di aru, masukkan lagi beras ketan ke kukusan. Kukus lagi selama 25 menit dengan api besar atau hingga matang.

Setelah ketan matang, angkat ke wadah kemudian aduk - aduk agar ketannya lebih pulen.

Ambil ketan secukupnya dengan centong nasi kemudian kepal dan bulat - bulatkan dengan tangan. Setelah dibulat - bulatkan, taburkan bumbu serundeng di atasnya ya.

Proses pembuatan Ketan Serundeng inipun sudah selesai dan siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba ya, jangan lupa cobain juga kue tradisional lainnya ya seperti kue nagasari yang sudah tehyung tulis di sini.

Terimakasih sudah berkunjung ke asahidtehyung. Jika ingin lebih jelas lagi bagaimana cara membuat ketan kuning serundeng, silahkan lihat video di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar