Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam

Kue Bugis Ketan Hitam

Kue bugis atau Mendut ini merupakan kue tradisional dari tepung ketan. Rasanya legit karena berbahan dasar tepung ketan sehingga pas banget dipadukan dengan isian unti. Di jawa barat ini terutama di tempat tinggal tehyung setiap ada acara hajatan pasti bisa ditemukan kue bugis ketan hitam. Aku suka deh teman - teman kue bugis ketan hitam ini. Selain bugis ketan hitam ada juga nagasari yang sepertinya wajib ada di acara hajatan dan untuk resep nagasarinya silahkan lihat di sini ya.

Ada banyak sekali resep kue bugis ketan hitam ini namun, untuk resep yang tehyung pakai ini merupakan resep keluarga dan tanpa menambahkan campuran kentang yang dikukus dan dihaluskan. Menurut keluarga tehyung meskipun tanpa kentang rasanya tetap enak dan tehyung juga tidak menambahkan gula pasir atau gula halus untuk bugisnya karena rasa unti kelapanya udah manis.

Bahan - bahan untuk membuat bugis ketan hitam ini lebih simple dan mudah didapat. Langsung aja ya tehyung tulis resep kue bugis ketan hitamnya. jangan lupa siapkan bahan - bahannya terlebih dahulu.


Bahan Kue Bugis :

  • 500 gram tepung ketan putih
  • 1 sdt garam halus
  • 125 gram tepung ketan hitam
  • air secukupnya

Bahan Unti Kelapa Gula Merah :

  • 120 gram kelapa parut 
  • 200 gram gula merah
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam :

Pertama - tama buat unti terlebih dahulu untuk isian bugisnya. Siapkan wajan anti lengket, Campurkan kelapa parut, gula merah, dan daun pandan. Masak dengan api kecil sambil terus 

diaduk - aduk selama memasaknya.

Masak sekitar 15 menit atau hingga gula merah mencair dan kental serta tercampur rata. Jika sudah dibuat untinya matikan api dan angkat. Sisihkan.

Setelah membuat unti kelapa, Sekarang buat adonan bugisnya ya. 

Campurkan tepung ketan putih, tepung ketan hitam dan garam. Aduk rata.

Setelah diiaduk rata, tuangkan air sedikit - sedikit sambil diuleni. Uleni hingga adonan bugis 

kalis dan lembut.

Selanjutnya siapkan cetakan kue talam dan oles tipis dengan minyak.

Ambil sedikit adonan masukkan ke cetakan talam yang sudah dioles tipis minyak. Kemudian isi dengan unti kelapa.

Setelah diisi unti kelapa, tutup lagi dengan adonan. Lakukan cara ini sampai semua adonan habis. Tata kue bugis yang belum matang dan sudah diisi unti kelapa di kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga mendidih. Kukus kue bugis selama 20 menit dengan api sedang atau hingga matang.

Setelah matang angkat kue bugis ketan hitamnya satu persatu.

Setelah itu, keluarkan kue bugis ketan hitam dari cetakan. Tunggu hingga dingin kemudian, bungkus dengan daun pisang yang sudah dioles tipis minyak.

Kue bugis ketan hitampun siap dinikmati bersama keluarga tercinta untuk menemani sore hari dengan secangkir kopi, teh atau sesuai selera. Yummy! Selamat mencoba ya terima kasih sudah mengunjungi blog asahidtehyung.

Jika ingin yang lebih jelas lagi silahkan lihat video Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar