Cara Mudah Membuat Wajik Kacang Hijau Yang enak

    Berbeda dengan wajik biasa yang menggunakan beras ketan, wajik kacang hijau menggunakan bahan kacang hijau. Rasanya ga kalah enak loh dengan wajik yang terbuat dari beras ketan. Aku sendiri lebih suka wajik kacang hijau dibandingkan wajik yang terbuat dari beras ketan.

     Kira-kira siapa nih yang belum coba wajik kacang hijau?  Tidak sulit untuk menemukan wajik kacang hijau, biasanya wajik kacang hijau ini sering muncul di acara keluarga. Sebenarnya aku masih bingung yang benar namanya wajik apa wajit ya? Kalo di daerah tempat tinggalku, makanan ini biasa dikenal dengan wajit. Kalau di daerah kalian namanya apa nih? Simak resep dan cara membuatnya disini ya


Bahan wajik kacang hijau :

  • 250 gram kacang hijau
  • 300 gram kelapa parut setengah tua
  • 1 lembar daun pandan
  • 400 gram gula merah
  • 200 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar - agar

Cara membuat wajik kacang hijau :

Langkah pertama, rendam kacang hijau dengan air mendidih hingga terendam lalu, diamkan selama 1 jam agar kacang hijau empuk. Tiriskan setelah 1 jam.

Setelah kacang hijau ditiriskan, selanjutnya rebus kacang hijau dengan 900 ml air. Rebus hingga mendidih dan menyusut namun tetap sisakan sedikit air rebusannya ya karena agar mudah saat kacang hijau diblender.

Masak dengan api kecil aja ya dan jangan lupa sambil sesekali diaduk. Jika sudah menyusut dan airnya tinggal sedikit, matikan api dan angkat.

Angkat semua kacang hijau yang sudah direbus lalu angkat dan tunggu hingga uap panasnya hilang.

Masukkan kacang hijau ke dalam blender. Kemudian, Blender hingga kacang hijaunya halus dan lembut. Sisihkan.

Selanjutnya, siapkan wajan masukkan gula merah, daun pandan, gula pasir dan kelapa parut.

Jangan lupa masukkan 150 ml air. Aduk rata. Masak dengan api kecil hingga gula merah larut dan semua bahan tercampur rata.

Jika gula merah sudah larut dan semua bahan sudah tercampur rata masukkan kacang hijau yang sudah diblender sampai lembut dan halus. aduk rata.

Masukkan 1 bungkus agar - agar, aduk rata. Masak dengan api kecil dan aduk - aduk terus selama memasaknya.

Masak hingga adonan kalis. Matikan api dan angkat.

Bungkus wajik kacang ijo dengan kertas wajik yang sudah dipotong - potong sekitar 10 x 10 cm. Bungkus dengan bentuk sesuai selera.

     Demikianlah cara membuat Wajik Kacang Hijau Yang enak , mudah kan? terima kasih sudah berkunjung ke asahidtehyung ya.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat wajik kacang hijau, silahkan lihat Video Cara Membuat Wajik Kacang Hijau Yang enak ini ya :

1 komentar:

  1. Teh ini pas dibuka ga lengket ke kertas kan ya? Tapi pas digigit dalemnya lembut?

    BalasHapus