Cara Membuat Kue Cincin Gurih, Manis dan Empuk ~ Asahid TehYung Tutorial

Cara Membuat Kue Cincin Gurih, Manis dan Empuk

Kue Cincin ( Kue Ali )

Senangnya akhirnya setelah pernah gagal membuat kue cincin hari ini jadi juga kue cincinnya. Walaupun nggak yakin apakah ini sudah dikatakan berhasil atau belum tapi setelah mencicipi satu dan yess akhirnya sesuai dengan yang asahidtehyung inginkan. Rasanya enak banget bunda gurih, manis dan empuk tidak seperti kue cincin yang sebelumnya gagal karena pas digigit keras banget.

Kue cincin atau kue ali ini sudah terkenal banget lho bun di daerah betawi dan jawa barat terutama untuk orang sunda seperti tehyung sudah tidak familiar dengan kue cincin ini karena selalu ada tiap acara keluarga seperti acara hajatan.

Sebaiknya saat membuat Kue Cincin gunakalah tepung beras yang masih fresh yang baru saja digiling ya karena jika menggunakan tepung beras kemasan yang banyak dijual di warung dan supermarket selain kurang lembab, baunya tidak seharum tepung beras yang baru digiling. Jika dipaksakan menggunakan tepung beras kemasan, maka kue cincin yang dihasilkan akan kering dan keras.


Resep ini asahidtehyung dapatkan sendiri dari resep keluarga tercinta yang sudah turun temurun jadi langsung aja ya tehyung bagikan resep Kue Cincin Gurih, Manis dan Empuknya.

Bahan Membuat Kue Cincin Gurih, Manis dan Empuk :

  • 400 gram tepung beras fresh dari 1 liter beras yang digiling
  • 300 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 125 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa parut
  • 3 butir kemiri, dihaluskan

Cara Membuat Kue Cincin Gurih, Manis dan Empuk :

Siapkan wajan, campurkan semua bahan menjadi satu kecuali tepung beras. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk - aduk selama memasaknya.

Masak hingga gulanya ganting atau mengental. Kemudian setelah mengental, Masukkan semua tepung berasnya aduk sampai tercampur rata. Kemudian setelah tercampur rata angkat adonan kue cincin.

Setelah diangkat semua adonannya ke wadah, diamkan adonan selama 3 jam agar adonan tidak lembek dan mudah saat dibentuk cincin.

Setelah didiamkan selama 3 jam uleni sebentar saja dengan spatula pastikan adonan kue cincin sudah tidak lembek dan mudah untuk dibentuk cincin.

Selanjutnya Panaskan minyak dengan api sedang hingga benar - benar panas kemudian bentuk adonan menyerupai cincin dan langsung goreng hingga matang atau berwarna kecoklatan di minyak yang sudah benar - benar panas ya. Goreng jangan lama - lama ya nanti gosong hasilnya cukup sampai berwarna sedikit kecoklatan. Angkat.

Sajikan kue cincin atau kue ali ini dengan secangkir kopi , teh hangat atau sesuai selera. Yummy!

Jangan lupa coba kue tradisional lainnya ya seperti kue wajit yang sudah tehyung tulis di sini.

Jika masih kurang jelas penjelasan di atas, silahkan lihat video Cara Membuat Kue Cincin Gurih, Manis dan Empuk ini aja ya :

0 comments:

Post a Comment