Ketan Saus Durian Lumerr ( Oblang Durian )

Oblang Durian

Kali ini asahidtehyung akan membagikan resep Ketan Saus Durian Lumerr ( Oblang Durian ). Namun sebelumnya, tehyung mau cerita dulu nih kenapa tiba - tiba tehyung buat oblang durian.

Jadi, ceritanya paman yang sehabis nganterin anaknya ke pondok pesantren beli durian banyak di pinggir jalan karena mau dijadikan oleh - oleh.

Rasanya pasti bosan juga kalo makan buah durian langsung begitu saja. Maka dari itu, supaya ngga bosan duriannya dibuat oblang durian. Oblang durian itu sendiri merupakan olahan makanan yang terbuat dari durian yang dicampur kelapa parut, gula merah, gula pasir,daun pandan.


Oblang durian ini sebenarnya berasal dari betawi dan di jawa barat juga sudah cukup terkenal dan banyak penggemarnya. Rasanya yang manis, lembut dan legit membuat banyak pecinta durian menyukainya. udah dulu ya ceritanya sekarang kita lanjut ke resep Ketan Saus Durian Lumer 

( Oblang Durian ). Langsung saja ya asahidtehyung bagikan resepnya.

- 2 butir kelapa setengah tua,diparut

- 1 lembar daun pandan

- 2 Liter beras, dicuci dan direndam selama 2 jam agar empuk

- 500 gram gula merah

- 500 gram gula pasir

- 2,5 kg durian, dari 6 buah durian

- 2 Liter air

Cara Membuat Ketan Saus Durian Lumerr ( Oblang Durian ) :

Langkah pertama masak 2 liter air, daun pandan, gula merah dan gula pasir dengan api sedang hingga gulanya larut.

Setelah gulanya larut, Masukkan kelapa parut. Aduk rata. Masukkan lagi semua duriannya lalu aduk - aduk dan masak hingga kuah sedikit menyusut dan meletup - letup. Angkat dan sisihkan.

Setelah selesai membuat oblang durian, Sekarang lanjut ke proses memasak beras ketannya. Rebus beras ketan dengan air secukupnya hingga beras terandam. Masak hingga airnya kering kemudian angkat dan aduk-aduk ( di aru ). Kemudian, kukus beras ketan selama 30 menit atau hingga matang.

Jika beras ketan sudah matang, angkat ketan ke wadah besar. Taburkan garam halus ke ketan kemudian aduk sampai tercampur rata.

Ketan siap disajikan untuk keluarga tercinta dan jangan lupa sajikan bersama oblang duriannya ya. Yummy! cobain juga aneka resep lainnya seperti kue lapis beras di sini.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat tutorial lengkap video Cara Membuat Ketan Saus Durian Lumerr ( Oblang Durian ) ini :

0 komentar:

Posting Komentar