Cara Membuat Nugget Nasi yang Enak

Nugget Nasi

Ada banyak sekali macam - macam nugget kesukaan anak - anak. Asahidtehyung juga pernah membagikan resep nugget ayam homemade dan nugget pisang kekinian. Nah, kali ini asahidtehyung akan membagikan resep nugget nasi. Nugget nasi ini bisa jadi varian buat anak kita yang lagi susah makan lho. Jadi jika ada nasi sisa di rumah jangan dibuang ya karena, bisa kita buat jadi nugget nasi yang enak. Nugget nasi ini juga bisa dibentuk lebih menarik dengan bentuk hewan - hewan kesukaan si kecil sehingga membuat mereka lahap saat menikmatinya.

Nugget merupakan olahan makanan yang cara pembuatannya cukup mudah, simple dan praktis. Nugget sangat digemari karena rasanya yang enak membuat siapapun menyukainya. Nugget nasi sendiri juga memiliki rasa yang tak kalah enak jadi langsung aja ya cobain buat juga di rumah.

Berikut di bawah ini adalah alat dan bahan serta cara membuat nugget nasi yang enak.

Bahan Membuat Nugget Nasi yang Enak :

  • 400 gr nasi
  • 1 butir telur di kocok lepas
  • 60 gr daging ayam di potong kecil
  • 1 buah wortel di parut dengan parutan keju
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 bks masako
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ½ sdt garam
  • 3 siung bawang putih di haluskan

Bahan lapisan nugget :

  • Tepung panir / tepung roti secukupnya
  • 50 ml air
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm penuh Tepung terigu

Cara Membuat Nugget Nasi yang Enak :

Pertama - tama siapkan wadah, campurkan semua bahan yang terdiri dari nasi, telur, daging ayam, wortel, tepung terigu, tepung tapioka, masako, marica bubuk, garam dan bawang putih. Masukkan satu persatu kemudian aduk sampai benar - benar tercampur rata.

Selanjutnya, blender adonan nugget hingga halus atau sesuai selera. Jika suka agak kasarpun tak jadi masalah tidak perlu diblender.

Tuangkan adonan nugget nasi yang sudah diblender hingga halus ke loyang yang sebelumnya telah diolesi minyak. Ratakan adonan dalam loyang.

Kukus adonan nugget nasi selama 25 menit menggunakan api kecil cenderung sedang. Jangan lupa kukusannya harus sudah dipanaskan terlebuh dahulu ya dan jangan lupa juga alasi tutup kukusannya dengan serbet, agar tidak ada uap air yang menetes ke dalam adonan.

Jika sudah 25 menit, angkat nugget nasi dan jangan lupa matikan api kompornya. Tunggu hingga nugget dingin.

Untuk bahan celupnya siapkan tepung terigu , garam dan air. Campur semuannya dan aduk hingga merata. Lalu sisihkan .

Keluarkan nugget nasi yang sudah dingin dari loyang. Potong - potong nugget nasi sesuai selera atau agar lebih menarik bisa dibentuk menggunakan cetakan yang bentuknya bervariasi seperti bentuk bintang, boneka dan lain sebagainnya sesuai selera masing - masing.

Masukkan nugget nasi yang telah dicetak ke dalam bahan celupan, lalu lumuri dengan tepung roti sambil d tekan- tekan agar tepung rotinya menempel. Jika sudah simpan di piring. Lakukan cara ini sampai semua nugget nasi di lumuri tepung roti.

Sebelum digoreng masukkan nugget ke dalam freezer minimal selama 1 jam agar tepung rotinya lebih menempel.

Panaskan minyak lalu goreng nugget hingga matang atau warnanya menjadi kuning keemasan. Goreng menggunakan api kecil. Angkat nugget nasi yang sudah matang lalu tiriskan. Nugget nasi siap untuk disajikan. Yummy!

Itulah cara pembuatan Nugget Nasi yang Enak, mudah bukan? Selamat mencoba di rumah ya bunda. Terima Kasih sudah berkunjung ke blog asahidtehyung.

Untuk lebih jelasnya mengenai tutorial Cara Membuat Nugget Nasi yang Enak, silahkan lihat videonya ya :

2 komentar:

  1. mksh teh infonya sangt membantu..oyA teh bisa buat video buat bolu lapis agar g..kayak kue lapis tp tu dr lapisan bolu n
    ager2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di list dulu request nya ya, terimakasih telah berkunjung

      Hapus