Cara Membuat Kremes Ubi

Resep Kremes Ubi


Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep kremes ubi atau banyak juga yang bilang kue carang mas. Siapa nih yang suka jajanan tradisional ini ? kalo aku sendiri dari kecil suka banget lho bun sama kremes ubi ini.

Kremes ubi atau kue carang mas ini sepertinya sudah mulai langka sehingga agak susah ditemukan jadi untuk mengobati rasa kangen sama kue carang mas ini aku buat sendiri dan silahkan bunda coba juga praktekkan di rumah ya.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana cara membuat kremes ubi atau kue carang mas, silahkan simak dan catat resep membuat kremes ubi berikut ini ya, jangan lupa siapkan alat dan bahannya juga ya.


Alat Membuat Kremes Ubi :


· Pisau


· Parutan


· Wadah


· Saringan


· Wajan


Bahan Membuat Kremes Ubi :


· 250 gr Ubi


· 1 sdt garam


· 100 gr gula merah


· 800 ml air


Cara Membuat Kremes Ubi :

Pertama - tama kupas ubi menggunakan pisau dan serut tipis memanjang seperti korek api menggunakan parutan.

Langkah selanjutnya, masukkan garam dan air ke dalam wadah berisi ubi yang telah diserut.
aduk hingga benar - benar tercampur rata. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, Tujuannya agar garamnya lebih menyerap dan lebih terasa garamnya.

Saring dan tiriskan ubi yang telah direndam selama 30 menit tadi menggunakan saringan.
Setelah itu, panaskan miyak di dalam wajan.

Setelah minyak sudah mulai panas masukkan ubi ke dalam wajan dan goreng ubi di dalam minyak panas sampai kering dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan yang menandakan ubi sudah matang. Jangan lupa untuk terus di aduk - aduk agar ubi tidak gosong.


Jika warnanya sudah kuning kecoklatan, selanjutnya masukkan gula merah ke dalam wajan yang berisi ubi. Biarkan hingga gula merah meleleh. Aduk rata hingga semua ubi terlumuri oleh gula merah. Jika sudah tercampur rata, angkat ubi lalu tiriskan. Tunggu hingga uap panas nya hilang .

Jika uap panasnya sudah hilang, langsung bentuk kremes ubi sesuai selera bisa juga berbentuk
bulat - bulat. Proses pembentukkan ini harus cepat karena, jika tidak segera dibentuk nantinya kremes sulit untuk dibentuk dan ambyar. Pembuatan kremes ubi selesai. Kremes ubipun siap untuk disajikan.
selamat mencoba ya.

Jika masih kurang dimengerti dari penjelasan di atas, silahkan lihat video Cara Membuat Kremes Ubi di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar