Cara Membuat Kue Apem Nasi yang Lembut

Resep Apem Nasi 

Siapa nih yang di rumah selalu ada nasi sisa setiap harinya ? Wah pasti pusing ya bunda mau diapakan nasinya. Sebenarnya nasi bisa diolah jadi aneka olahan makanan lainnya lho. Sebelumnya, asahidtehyung pernah membagikan resep dari nasi juga yaitu nugget nasi.

Untuk resep yang akan asahidtehyung bagikan kali ini adalah kue apem nasi yang lembut. Kue apem nasi ini bisa jadi alternatif buat anak - anak yang lagi susah makan atau lagi ngga mau makan nasi. Dijadikan teman ngopi atau ngeteh juga enak lho bun apalagi dimakan hangat - hangat sama taburan kelapa parut, sayang di rumah lagi ngga ada kelapa parut.

Satu resep jadinya bisa dapat lumayan banyak, sekitar 30 buah jadi bisa dibagikan ke tetangga juga. Apem nasi ini bisa juga disajikan untuk acara arisan, pengajian atau sekedar ngumpul bersama keluarga tercinta. Langsung aja ya disimak resep kue apem nasi yang lembut berikut ini.

Bahan Membuat Kue Apem Nasi yang Lembut :
- 150 gr nasi
- 220 gr gula pasir
- 100 gr tepung beras
- 100 gr tepung terigu
- 500 ml santan,sudah dimasak hingga mendidih
- secubit vanili
- secubit garam halus
- 1 sdm ragi instan
- pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat Kue Apem Nasi yang Lembut :
Blender nasi, gula pasir dan santan hingga halus, lembut dan tercampur rata. Setelah diblender halus, kemudian angkat dan tuangkan ke wadah.

Campurkan semua bahan menjadi satu dan tuangkan ke wadah yang sudah berisi nasi yang diblender tadi. Aduk rata.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian beri pewarna makanan atau pasta sesuai selera. Tutup dan diamkan adonan selama 1 jam.

Setelah 1 jam, aduk rata adonan kemudian tuangkan ke cetakan yang sudah dioles tipis dengan minyak.

Tata kue apem nasi yang belum matang di kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga mendidih. Kukus selama 15 menit atau hingga matang dengan api kecil cenderung sedang.

Angkat kue apem nasi yang sudah matang. Kue apem nasi siap disajikan, selamat mencoba ya.
Jika masih belum jelas penjelasan dari asahidtehyung ini silahkan lihat video cara membuat kue apem nasi yang lembut di bawah ini ya :

0 komentar:

Posting Komentar