Cara Membuat Martabak Manis Teplon Tanpa Telor

Resep Martabak Manis

Hari ini asahidtehyung akan membagikan resep martabak teplon tanpa telur. Sebelumnya asahidtehyung juga membagikan resep martabak mini tanpa telur dan tanpa ragi, resepnya silahkan lihat di sini ya.

Meskipun tanpa telur, martabak teplonnya tetap lembut dan bersarang jadi jangan lupa dicoba ya pasti keluarga di rumah suka. Cara membuat martabak teplon ini juga tidak sulit ko dan bahannya pun mudah didapat. Silahkan simak dan catat resep membuat martabak teplon tanpa telur berikut ini ya.

Bahan Membuat Martabak Manis Teplon Tanpa Telor :
- 300 gr tepung terigu protein sedang, contoh : segitiga biru
- 3 sdm gula pasir
- 2 sdm mentega, dicairkan
- 500 ml air
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- pasta pandan
- pewarna hijau
- 1/4 sdt garam halus
- 1 sdm air untuk melarutkan baking soda dan baking powder


Cara Membuat Martabak Manis Teplon Tanpa Telor :
Siapkan wadah, kemudian masukkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tuangkan air sedikit - sedikit sambil terus diaduk sampai tekstur adonannya pas. Setelah itu, masukkan mentega yang sudah dicairkan. Aduk rata.

Masukkan pewarna hijau dan pasta pandan masing - masing 1/2 sendok teh. Aduk rata.  Kemudian setelah semua tercampur rata, diamkan adonan selama 1 jam.

Setelah 1 jam, campurkan terlebih dahulu baking powder dan baking soda di wadah lain. Kemudian larutkan dengan 1 sendok makan  air agar mudah larut dan tercampur rata. Aduk rata dan cepat, kemudian langsung tuangkan ke adonan martabak yang sudah didiamkan selama 1 jam.

Segera tuangkan adonan martabak ke teplon yang sudah dipanaskan. Saat dituangkan gunakan api besar kemudian kecilkan hingga sedang hingga muncul pori - pori baru kecilkan apinya. Untuk membuat pinggirannya, goyangkan teplonnya. Tutup agar bagian atasnya matang.
Jika sudah matang bagian atasnya dan pori - porinya juga sudah muncul, Angkat dan beri topping sesuai selera. Martabak teplon tanpa telur siap disajikan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara Membuat Martabak Teplon Tanpa Telurnya ya.

0 komentar:

Posting Komentar