Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju

Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju


Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba. Bagi kaum muslim, kurma merupakan menu sunnah yang selalu ada saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma juga baik untuk kesehatan. Tak heran jika kurma disukai oleh berbagai kalangan dan berbagai usia.

Banyak sekali kreasi yang bisa kita buat dengan kurma, salah satunya adalah kurma yang dikreasikan dengan coklat. Ya, kali ini asahidtehyung akan membagikan cara lengkap membuat kurma cokelat isi mede dan keju. Dijamin kamu ngga akan bosan untuk mencicipi kreasi kurma yang satu ini. Mungkin jika tetanggamu mencicipinya, mereka akan tertarik untuk memesan kurma cokelat buatanmu.

Nah, berikut ini adalah resep dan cara lengkap membuat kurma cokelat isi mede dan keju yang akan asahidtehyung bagikan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kurma cokelat isi mede dan keju:


  • 500 gram kurma.
  • Kacang mede secukupnya (sebelumnya sudah disangrai/oven/goreng).
  • 250 gram DCC (cokelat batangan). Kali ini aku menggunakan cokelat merk colatta.
  • 250 gram cokelat putih ( untuk topping ).
  • Keju parut secukupnya.

Cara membuat kurma cokelat isi mede dan keju:
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang biji yang terdapat pada 500 gram kurma dengan cara membelahnya satu persatu.

Setelah itu, masukkan isian pada kacang mede yang telah dibuang bijinya. Isian bisa berupa kacang mede, keju parut, atau campuran kacang mede yang telah dicincang kasar dan keju parut.

Langkah berikutnya, masukkan potongan cokelat batangan ke wadah stainless steel.

Kemudian, panaskan air hinga mendidih. Tim cokelat yang telah dimasukkan ke dalam stainless steel hingga meleleh/mencair. Setelah cokelat meleleh jangan lupa untuk mematikan kompor ya ^_^ .
Selanjutnya, celupkan kurma yang telah diberi isian kedalam lelehan cokelat tadi. Lalu tiriskan sampai cokelat mengeras.

Sambil menunggu lelehan cokelat pada kurma mengeras, kita siapkan topping-nya yaitu lelehan cokelat putih. Berbeda dengan proses melelehkan DCC (cokelat batangan), proses melelehkan cokelat putih tidak langsung di Tim saat air mendidih, cukup air panas biasa (hal ini bertujuan agar cokelat putih tidak menggumpal).
Kemudian, masukkan lelehan cokelat putih ke dalam plastik segitiga.

Sekarang waktunya menghias. Semprotkan cokelat putih dengan membentuk zig-zag di bagian atas kurma (jika tidak ada cokelat putih. Topping bisa juga digantikan dengan sprinkle yang langsung ditaburkan diatas kurma cokelat).

Tunggu cokelat sampai mengeras. Gunakan papper cup sebagai kemasan/alasnya.
Taraaaa! kurma cokelat isi mede dan keju siap disajikan.

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat video Cara lengkap membuat Kurma cokelat isi mede dan keju berikut ini:

0 komentar:

Posting Komentar