Cara Membuat Bakwan Ala Jepang

Cara Membuat Bakwan ala Jepang (Grean Bean Kakiage)


Siapa bilang bakwan cuma ada di Indonesia? Ternyata ada bakwan ala Jepang loh. Buat kalian yang suka makanan Jepang, mungkin kalian udah ngga asing dengan nama grean bean kakiage? Pada dasarnya, untuk sekilas menu ini mirip dengan bakwan kan? Buat kalian yang belum nyobain, daripada jauh-jauh pergi ke restoran cepat saji? Lebih baik kalian coba masak sendiri dirumah. Bahan-bahan nya sangat mudah dicari lohh..

Silahkan simak baik-baik gresep grean bean kakiage ala asahidtehyung ini. perhatikan step by step nya ya! Kalau perlu kalian catat supaya tidak lupa.

Bahan-bahan Bakwan ala Jepang (Grean Bean Kakiage):

  • 1 buah wortel import (200 gr)
  • 150 gr buncis muda (baby buncis) 
  • 200 gr ubi manis. Jika tidak ada, bisa diganti dengan labu kuning
  • 4 sdm tepung terigu
  • 150 gr tepung bumbu serbaguna 
  • 200 ml air es
  • 6 cube batu es yang kecil.


Langkah-langkah Membuat Bakwan Ala Jepang (Grean Bean Kakiage) :

Langkah pertama, kupas wortel sampai bersih dan potong serta buang bagian ujungnya karena bagian itu  menurut teteh kurang sedap kalo dimakan. disini teteh menggunakan wortel import supaya rasanya lebih manis.

Kemudian, potong wortel bentuk memanjang lebih panjang dari korek api atau panjangnya bisa juga sesuai selera. Jika tidak ada wortel import, bisa juga menggunakan wortel biasa. Pakai jenis wortel yang ada  di rumah juga tetap enak ko rasanya.

Lalu sisihkan wortel yang telah dipotong memanjang.

Selanjutnya, siapkan 150 gram buncis yang masih muda atau baby buncis. Potong memanjang baby buncis dan buang bagian ujungnya. Lakukan sampai baby buncisnya habis ya... Setelah  itu, sisihkan dan campurkan dengan wortel yang sudah dipotong memanjang.
Kenapa pakai baby buncis? Tujuan memakai baby buncis karena  baby buncis rasanya lebih krezz. Sedangkan buncis tua rasanya cenderung agak alot jadi kurang enak untuk dibuat bakwan.
Berikutnya, siapkan 200 gram ubi manis. Kupas kulitnya terlebih dahulu sampai bersih. Untuk ubinya, bisa pakai ubi jalar kuning atau bisa juga ubi cilembu. yang penting rasanya manis.

Potong ubi secara memanjang seperti buncis dan wortel  tadi ya! Karena bakwan ala jepang ukuran potongan sayurannya memang dipotong memanjang, tidak seperti bakwan yang biasa kita buat.

Setelah semua sayuran selesai dipotong memanjang, cuci potongan sayuran tadi terlebih dahulu. Tujuannya supaya tidak ada lagi getah yang menempel disayuran dan sayuran jadi lebih bersih.

Langkah selanjutnya, tambahkan 4 sdm penuh tepung terigu ke potongan sayuran yang telah dicuci hingga bersih. Aduk sampai merata, Lalu sisihkan.
Tujuan ditambahkan tepung terigu yaitu agar adonan tempura bisa menempel ke sayuran. Tanpa ditambahkan tepung terigu, adonan tempura sulit menempel ke sayuran karena adonan tempuranya  cair.
Lanjut, kita siapkan adonan tempuranya!

Untuk membuat adonana tempura, siapkan 150 gram tepung bumbu serbaguna, Kemudian tambahkan 200 ml air es dan 6 cube batu es yang kecil. Aduk sampai adonan tempura tercampur rata.
 
Air es dan batu es ini membuat adonan renyah dan menjaga warna sayuran tetap cantik saat digoreng, karena es membuat suhu panas stabil. 
Tepung bumbu serbaguna ini bisa juga diganti dengan tepung terigu yang diberi  kaldu bubuk dan garam secukupnya. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan tepung khusus tempura. Karena dirumah teteh tidak ada tepung khusus tempura, jadi cuma pakai tepung bumbu serbaguna.
Berikutnya, tuangkan adonan tempura ke potongan sayur yang sudah diberi 4 sdm tepung terigu tadi.

Sekarang bakwan ala jepang siap untuk digoreng.

Tuangkan minyak sayur yang banyak supaya saat digoreng bakwannya bisa terendam minyak sehingga bisa matang merata.
Usahakan minyaknya yang baru ya jangan yang bekas menggoreng ikan dan lain - lain supaya hasil bakwannya cantik.
Ambil adonan bakwan secukupnya, kemudian goreng diminyak yang sudah panas. Tuangkan adonan ke minyak secara perlahan agar sayuran bisa menempel satu sama lain. Goreng sampai matang atau sampai bakwannya berubah warna hingga kuning keemasan.

Jika warnanya sudah kuning keemasan, angkat bakwan dan tiriskan dengan tissue dapur agar minyaknya bisa terserap tissue.

Ok demikian  tutorial cara membuat bakwan ala jepang cukup mudah dan ngga penasaran lagi kan? jangan lupa dicoba di rumah ya. semoga berhasil.

Jika langkah-langkah diatas masih kurang jelas, Silahkan saksikan Cara Membuat Bakwan Ala Jepang berikut ini:


Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar