CARA MEMBUAT BALADO IKAN KEMBUNG PEDAS DAN LEZAT

CARA MEMBUAT BALADO IKAN KEMBUNG | Ide Masakan Sehari-hari.



Assalamualaikum, Kali ini teteh akan share ide resep masakan sehari-hari yang simple dan super mudah yaitu resep balado ikan kembung. Siapa sih yang ngga tau resep yang satu ini pasti udah ngga asing lagi kan.

Nah buat yang penasaran gimana cara buatnya langsung aja yuk siapkan bahan - bahannya :
- 4 ekor ikan kembung - 1 buah jeruk nipis - Garam secukupnya
- 1 sdt garam- 10 siung Bawang Merah
- 150 gr cabe merah keriting
- 2 siung Bawang Putih
- 1 buah tomat
- 1/2 sdt Penyedap rasa


#resepikan #ikankembung #baladoikan



Pertama tama siapkan 4 ekor ikan kembung kemudian beri perasan jeruk nipis secukupnya kita cukup pakai 1 buah  aja untuk jeruk nipisnya boleh juga juga jeruk nipis di ganti dengan jeruk lemon fungsinya untuk membuat bau amis pada ikan jadi hilang yah temen temen kemudian tambahkan garam secukupnya balian lagi untuk ikan nya dan mita beri lagi jeruk nipis dan garam di bagian sisi selanjutnya ikannya gak mesti harus ikan kembung yah temen temen kalian bisa pakai ikan mas terus ikan bandeng pokonya sesuai selera kalian untuk ikan ini sudah teteh cuci bersih dan di buang bagian dalamnya kemudian sisihkan.
Oke selanjutnya kita buat bumbu halusnya, disini sudah ada cabe kriting kita gunakan cabe yang lumayan banyak kalau kalian mau lebih pedas boleh ditambah dengan cabe rawit. Kita potong potong manual supaya gak terlalu susah saat di ulek, selanjutnya tambahkan garam di sini teteh pakai garam kasar supaya mudah di ulek kemudian haluskan cabe dengan garam, cabe setengah halus kemudian tambahkan bawang merah dan juga bawang putih.



sebenarnya untuk takaran sesuai selera kalian aja yah temen temen. Haluskan lagi bawang sampai sesuai selera untuk tingkat kehalusannya.  Selanjutnya tambahkan satu buah tomat, iris terlebih dahulu tomat supaya mudah di uleknya jadi kalian gak kesulitan saat menguleknya tomat nya juga dengan ukuran yang sedang haluskan lagi bumbu halusnya ok temen temen setelah halus kemudian kita sisihkan bumbu haus yang masih menempel pada ulekannya.
selanjutnya panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng ikan yang tadi yang sudah kita beri garam dan jeruk nipis. Goreng ikan dengan kematangan sesuai selera. Boleh kering atau boleh tidak terlalu kering. jangan lupa di balik yah temen temen.

Buat temen temen yang baru pertama kali mampir ke channel ini, jangan lupa untuk tekan tombol subscribe supaya kalian gak ketinggalan ketika teteh ada video baru.
ok kalau sudah matang kemudian kita angkat dan tiriskan ikannya ini kita sisihkan dulu biar kan minyaknya sampai gak terlalu menempel ke ikan selanjutnya tumis bumbu halus sampai harum bumbuya kita tumis semuanya. untuk apinya gunakan api sedang, aduk sampai tercampur rata jangan lupa yah. Temen temen tambahkan penyedap rasa sebanyak 1/2 sdt atau sesuai selera bisa kalian ganti dengan kaldu bubuk masak sebentar sampai harum. 

kemudian masukan ikan yang sudah di goreng tadi, baiknya untuk ikan nya gak di goreng sampai kering yah temen temen supaya gak keras saat di gigit ini cukup sampai tercampur rata aja sampai terselimuti balado untuk ikannya dan udah jadi deh temen temen ini siap untuk di sajikan.

Jangan lupa untuk coba resep gampang ini yah temen temen kalau kalian suka video ini jangan luap untuk tekan jempol ke atas dan share videonya sampai jumpa di next video temen temen wassalamualikum. 



0 comments:

Post a Comment