CARA MEMBUAT BROWNIES CUP MATCHA LUMER


    Assalamualaikum teman-teman! Hari ini akan membagikan resep brownies lumer dengan chocolatos drink rasa matcha ya! Brownies ini lembut dan vla-nya tetap lumer meskipun disimpan di kulkas. Yuk simak bahan-bahan dan cara membuat brownies cup matcha lumer ini!

Bahan vla Lumer : - 1 bungkus Chocolatos drink matcha - 1 sachset kental manis vanila - 1 sdm tepung maizena - 250 ml susu cair fullcream - 75 gr coklat putih - 20 gr mentega atau margarin - Secubit garam
Bahan Brownies Lumer : - 40 gr tepung terigu - 1 bungkus Chocolatos drink matcha - 1/4 sdt Baking Powder - 35 gr coklat putih - 60 gr mentega atau margarin, dilelehkan - 2 butir telur - 50 gr gula pasir - 1/4 sdt vanili - 1/2 sdt SP / TBM / OVALET / 2 butir kuning telur

Resep yang mungkin kalian suka :

Cara Membuat Brownies Cup Matcha Lumer : 
 - Campurkan Chocolatos drink matcha, kental manis, maizena dan susu cair. Aduk hingga larut dan tercampur rata. Untuk chocolatos matcha bisa kalian ganti dengan merek lain dan susu cair bisa kalian ganti dengan air biasa.
- Setelah tercampur rata, Masak dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk sampai bagian pinggirnya mendidih atau berbuih. Tidak perlu mendidih keseluruhan karena kita sudah menggunakan susu steril.
- Matikan api lalu tambahkan potongan cokelat, mentega dan garam. Aduk kembali sampai coklat dan mentega meleleh dan tercampur rata.
- Angkat dan saring agar tidak ada vla yang menggumpal. Tunggu uap panas hilang lalu tutup dengan plastik wrap dan simpan di kulkas.
- Untuk browniesnya, pertama lelehkan coklat putih dengan cara di tim. Untuk melelehkan coklat putih tidak perlu menggunakan api langsung ya! Gunakan air yang masih panas lalu taruh mangkok tahan panas diatasnya untuk melelehkan coklat. Aduk sampai cokelat meleleh.
- Campurkan lelehan coklat dengan lelehan mentega atau margarin. Aduk rata dan sisihkan.
- Campurkan tepung terigu, chocolatos matcha dan baking powder sebagai bahan kering. Aduk rata dan sisihkan.
- Mixer telur, Gula pasir, vanilli dan SP atau pengemulsi. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang putih. Kalau kalian tidak mau menggunakan SP, bisa diganti dengan TBM, ovalet atau bisa tambahkan 2 butir telur ya.
- Tambahkan bahan kering sambil diayak. Aduk rata menggunakan spatula dengan teknik aduk balik.
- Campurkan sedikit adonan ke lelehan margarin dan coklat tadi. Aduk rata kemudian campurkan ke seluruh adonan. Teknik ini disebut teknik memancing adonan agar tidak ada margarin yang mengendap.
- Tuangkan adonan ke loyang yang sudah dioles tipis margarin dan dialasi kertas roti. Ratakan adonan dan hentak hentakan agar tidak ada udara yang terperangkap. Aku menggunakan loyang ukuran 20 x 20 cm.
- Kukus selama 30 menit. Pastikan loyang sudah dipanaskan sebelumnya.
- Keluarkan brownies dari loyang dan dinginkan.
- Setelah dingin, potong brownies mengikuti wadah atau cup yang akan digunakan.
- Tata brownies di wadah dan tambahkan vla yang sudah disimpan di kulkas.
- Terakhir tambahkan topping sesuai selera. Disini aku menggunakan potongan kacang almond dan irisan coklat.
- Brownies cup dengan vla matcha lumer siap disajikan

Jika kalian masih kurang mengerti dengan penjelasan di atas, kalian bisa tonton video dibawah ini untuk melihat cara lengkap membuat Resep Jualan Brownies Cup Lumer Matcha : #brownieslumer #brownies #asahidtehyung

0 komentar:

Posting Komentar