CARA MEMBUAT SHINY BROWNIES TANPA MIXER, CRUNCHY DI LUAR LEMBUT DI DALAM


    Assalamualaikum teman-teman, spot favorit kalian kalau lagi belanja dimana nih? Kalau Teteh paling seneng mampir ke tempat peralatan masak. Kadang ngga beli apa-apa, cuma sekedar liat-liat buat cari inspirasi. Teteh lebih seneng belanja lewat online karena harganya lebih murah, hehe :D. Kadang kalau nemu barang yang disuka ngga langsung diambil, dipoto dulu buat cari di online. Tapi kadang teteh langsung ambil sih kalo lagi khilaf.

    Ngomongin belanja online, ada yang sama kaya Teteh ngga? kalau paket udah dateng tuh rasanya pengen buru-buru buka paket. Kadang ngerasa lucu, terima paket serasa terima hadiah. Padahal barangnya udah tau dan bayar sendiri bukan dibeliin :' .

    Cewek tuh kadang kalau belanja bukan karena butuh, tapi karena diskon. Beli aja dulu, nanti juga butuh. Padahal belanja kaya gitu tuh salah ya temen-temen. Persis sama Teteh pas beli loyang sekat. Beli karena belum punya loyang sekat padahal belum butuh. Tapi akhirnya kepake juga buat bikin shiny brownies. Simak resep dan cara membuat shiny brownies disini ya

Bahan-bahan shiny brownies : 
  • 225 gr Dark Cooking Chocolate ( DCC )
  • 60 ml minyak 
  • 75 gr margarin 
  • 150 gr tepung terigu 
  • 50 gr coklat bubuk 
  • 3 butir telur 
  • 225 gr gula halus
Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat shiny brownies : 
- Hal pertama yang harus di lakukan terlebih dahulu adalah memanaskan oven selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya supaya panasnya merata dan hasil browniesnya tidak bantet.
- Lanjut membuat adonannya, campurkan dark chocolate compound yang telah di potong kecil-kecil dengan minyak dan margarin. Kemudian Lelehkan dengan cara ditim. Tim dan aduk-aduk terus sampai tercampur rata dan coklatnya meleleh. Jika sudah meleleh, angkat dan tunggu sampai suhu ruang. Sisihkan.
- Ayak dan campur tepung terigu protein sedang dengan coklat bubuk. Ayak hingga menjadi butiran halus agar lebih mudah tercampur rata. Jika masih ada tepung maupun coklat yang bergerindil, ratakan dengan sendok agar tidak ada yang terbuang. Setelah itu sisihkan.
- Selanjutnya, kocok telur dan gula halus hingga berbuih atau kurang lebih selama10 menit. Pastikan gula halus sudah benar-benar larut.  Kalian bisa mengganti gula halus dengan gula pasir yang dihaluskan. Jika ingin mengocok dengan mixer, gunakan kecepatan yang paling rendah. 
- Setelah berbuih, masukkan lelehan coklat yang sudah di campurkan dengan minyak dan mentega tadi. Pastikan lelehan coklat sudah suhu ruang. Aduk hingga tercampur rata. 
- Masukkan campuran tepung terigu dengan coklat bubuk yang sudah di ayak tadi. Aduk hingga tercapur rata. 
- Tuangkan adonan ke loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Ratakan adonan dan pasang sekat brownies yang sudah dioles tipis margarin. Kalau ngga ada loyang sekat, bisa dipotong manual aja ya. Teteh pake loyang ukuran 27x17 cm bisa juga pake loyang ukuran 20x20 cm.  klik disini untuk beli loyangnya.
- Tambahkan topping sesuai selera. 
- Panggang dengan suhu 170°C menggunakan api atas bawah selama 15 menit hingga muncul shiny crust. Setelah muncul shiny crust, cukup gunakan api bawah saja. Tunggu sekitar 20 menit atau hingga matang. 
- Keluarkan brownies dari oven dan biarkan sampai uap panasnya benar-benar hilang
- Setelah uap panasnya hilang, keluarkan shiny brownies dari loyang.  
- Shiny brownies siap disajikan.

    Bagian atasnya crunchy dan tekstur browniesnya padat tapi tetap lembut. Brownies ini tetap lembut meski di simpan di kulkas. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat disini:
Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar