Resep Banana Cup Cake Simple dan Praktis

 Resep Banana Cup Cake Simple dan Praktis
    FYI, banana cupcake ini terbuat dari 1 telur. Bikinnya cuma diaduk, kalo ngaduk-ngaduk mah udah pada jago lah ya! bikin cup cakenya bisa dikukus dan dioven. Cocok kan buat di eksekusi resepnya? yuk langsung eksekusi!

Ini dia bahan untuk membuat banana cup cake , : - 1 buah pisang (100gr ) - 1 butir telur - 7 sdm gula palm (boleh pake gula pasir) - 1/2 sdt pasta vanila - 25 ml minyak - 25 gr mentega, dicairkan - 120 ml buttermilk (aku buat sendiri 120 ml susu cair hangat + 1 sdm cuka) - 150 gr tepung terigu protein sedang - 1 sdt baking powder - 1/4 sdt baking soda - chocochips secukupnya (optional)

    Pertama, lumatkan pisang dengan garpu. Tidak perlu terlalu halus, supaya tekstur pisangnya masih terasa. Setelah itu ini kita sisihkan dulu.

    Lanjut dengan mencampurkan susu cair hangat, 1 sdm cuka, dan perasan jeruk nipis atau lemon untuk membuat buttermilk. Ini kita diamkan sampai mengental atau sekitar 10 menit.

    Kocok satu butir telur yang masih fresh bersama gula palem atau gula aren dengan menggunakan ballon wisk. Setelah tercampur rata, tambahkan pasta vanila, minyak kelapa, mentega yang sudah dicairkan, dan buttermilk yang sudah kita buat tadi. Aduk kembali sampai tercampur rata. Disini pasta vanilla berfungsi agar aromanya lebih wangi. Kalian juga bisa mengganti gula palm dengan gula pasir, asalkan diaduk sampai benar-benar tercampur rata.
   Sekarang kita tambahkan bahan keringnya sambil diayak. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan baking soda. Aduk sampai tercampur rata. Ini kita ayak tujuannya supaya menjadi butiran yang lebih halus.
Tambahkan pisang yang sudah dilumatkan tadi. Aduk kembali sampai tercampur rata. Tambahkan chocochips biar rasanya makin enak ada rasa coklat coklatnya.     Nah sekarang tuangkan adonan ini ke cup muffin yang sudah diberi papercup. Tuangkan secukupnya atau sekitar 3/4 tinggi cetakan.

    Untuk adonan cupcake yang dipanggang, kita gunakan oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 10 menit. panggang di rak tengah dengan suhu 180 derajat selama 30 menit. Untuk durasi memanggangnya bisa berbeda, tergantung dengan karakteristik oven masing-masing.

    Untuk adonan cupcake yang dikukus, langsung aja masukkan cupcake yang sudah dipaper cup pake dalam kukusan. Alasi tutupnya dengan serbet agar tidak ada uap air yang menetes. Kukus dengan api kecil cenderung sedang selama 30 menit.

    Untuk memastikan kematangan cupcake, kalian bisa pakai cara tes tusuk dengan tusukan gigi. Kalau sudah tidak ada sisa adonan yang menempel di tusukan, artinya sudah matang.

    Gimana? Gampang banget kan? Tekstur cupcake ini sama-sama lembut, tapi lebih moist hasil cupcake yang dikukus. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, silahkan lihat video:
Terimakasih sudah mampir
#banana #cupcake

0 comments:

Post a Comment