Awet Sampe Sebulan, Resep Sambal Bawang Tahan Lama

 Awet Sampe Sebulan, Resep Sambal Bawang Tahan Lama


    Mau makan sambel tapi males banget nih kalau harus bikin berkali-kali, ngga perlu khawatir karena aku mau membagikan resep sambel yang bisa tahan sampai 1 bulan loh! Rasanya mantep, bikin nagih.

BAHAN SAMBAL BAWANG : - 50 gr cabe rawit - 100 gr cabe keriting - 150 gr bawang merah - 1 sdt garam - 1/2 sdt kaldu jamur - 1 sdt gula pasir - 200 ml minyak

    Pertama, kupas dan cuci bersih bawang serta cabainya. Tusuk-tusuk cabainya agar nanti cabai tidak meletus-letus saat digoreng. Hati-hati agar tidak melukai tangan.


    Selanjutnya, masak bawang dan cabai yang sudah ditusuk-tusuk tadi di 200 ml minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Masak sampai layu sambil diaduk-aduk. Kita pakai 1:1 untuk takaran cabai dan bawangnya.   

    Setelah cabai dan bawang tadi telah didinginkan selama 20 menit, Haluskan kasar. Bisa kalian ulek manual atau pakai blender maupun chopper seperti aku. Aku pakai chopper supaya lebih praktis, kalian bisa beli choppernya disini.

    Sekarang kita goreng lagi hasil yang sudah dihaluskan tadi. Tidak perlu menggantiminyaknya, cukup goreng di minyak bekas menggoreng tadi. Tambahkan kaldu jamur, garam dan gula pasir sesuai resep di atas. Masak sambil diaduk-aduk sampai semua bumbunya menyatu dengan sambalnya. Jangan lupa untuk mematikan api kompor setelah digunakan!     Setelah sambelnya dinginkan selama sekitar 1 jam, tnggal kita masukkan kedalam wadah yang sudah dibersihkan seperti ini.

    Udah jadi deh! gampang bangetkan? Untuk ketahanannya sendiri, tahan 3 hari di suhu ruang, 10 hari di kulkas bagian bawah, dan tahan 1 bulan jika disimpan di freezer. Jarnya bisa kalian beli disini Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan cek video: Terimakasih sudah mampir

#sambal #idejualan #sambel

0 comments:

Post a Comment