Resep odading mang Oleh anti gagal 👉🏾 resep odading viral Video Jujur

Resep odading mang Oleh anti gagal 👉🏾 resep odading viral

    hai temen-temen! Assalamu alaikum, kita bikin odadingnya yuk! ini gampang banget loh tuh lihat. jadinya satu adonan dapet 20 buah odading. Siapkan dulu bahan-bahannya ya teman-teman

* Bahan biang odading mang oleh : - 140 ml santan hangat ( aku pake 65 ml santan instan + air hangat ) - 1 sdm ragi instan - 1 sdm susu bubuk - 1 sdm gula pasir

Bahan adonan odading mang oleh: - 300 gr tepung terigu - 1 sdm susu bubuk - 4 sdm gula pasir - 1 butir telur - 1 sdm mentega/margarin - 1/2 sdt garam

Cara Membatu    

Kita buat biangnya terlebih dahulu. Campurkan ragi, susu bubuk, dan juga gula pasir dengan santan yang masih hangat. Aduk sampai tercampur rata. Diamkan sekitar 10 menit atau sampai berbuih. Ini tujuannya untuk mengetahui ragi masih aktif atau tidak.

Selanjutnya, campurkan bahan kering yaitu tepung terigu, susu bubuk, dan juga gula pasir. Ini kita aduk sampai tercampur rata. Jangan lupa sambil disaring ya!

Setelah itu kita mixer campurkan bahan kering tadi , telur, dan biang yang kita buat diawal. Mixer sampai setengah kalis. Kalian juga boleh ulen manual kok.Jika sudah setengah kalis, masukkan garam dan mentega atau margarin. Mixer lagi sampai kalis.

Kalau di rasa sudah kalis atau sudah tidak lengket ditangan, bulat bulatkan adonan nya, lalu kita diamkan sampai mengembang 2x lipat. Sebelum kita diamkan, wadahnya kita oles dulu dengan minyak atau margarin. Tujuannya supaya adonan tidak kering selama di frooping.

Oleskan juga margarin atau minyak di bagian atas adonan. Setelah itu, baru kita tutup dan diamkan sekitar 30 menit, Setelah mengembang 2x lipat, tonjok adonan atau kita kempeskan. Ini bertujuan untuk membuang udara agar tidak terlalu banyak udara yang terperangkap.

Pindahkan ke pastry matt atau meja kerja. Gilas adonan dengan ketipisan sesuai selera, Aku pakai ketebalan sekitar 1cm.

Lalu, potong sesuai selera. Tutup dengan plastic wrap atau kain bersih dan diamkan sekitar 20 menit.


Setelah mengembang 2x lipat, Oleskan adonan dengan air. Tujuannya supaya nanti wijennya itu nempel. Untuk wijen ini ini opsional ya temen-temen, kalian boleh skip kalau enggak suka atau enggak punya.

Terakhir, kita goreng dengan api kecil di minyak yang sudah dipanaskan. Balik jika warnanya sudah cantik dan kecoklatan. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.

Jadi di kota kalian namanya apa nih? Sama juga enggak namanya odading? Ada juga yang bilang ini tuh roti bantal dan gembukan .untuk pembuatan lebih lengkap dan jelasnya, kalian bisa lihat di video ini ya:


#odading #gembukan #reseptiktok

0 komentar:

Posting Komentar