Cara Membuat Mango Sticky Rice (ketan mangga) kekinian


    Assalamualaikum teman - teman semuanya..karena kebetulan lagi punya mangga dan beras ketan, kali ini teteh akan membuat Mango Sticky Rice atau ketan mangga. Untuk yang belum tau, mango sticky rice adalah ketan yang diberi dengan potongan mangga dan di beri saus coconut atau sering kita kenal dengan saus santan. Pastinya tekstur si ketan ini legit banget. Serius menurut teteh ini enak banget lho. Perpaduan ketan yang legit dan potongan mangga serta siraman saus santannya bikin nagih. Fix! no debat!
Bahan-bahannya : - 250 gr beras ketan - 300 ml air - 1 bungkus santan instan ukuran 65 ml - 1/2 sdt garam Bahan saus santan : - 250 ml air - 3 sdm gula pasir - 1/4 sdt garam - 1 sdm tepung maizena - 2 bungkus santan instan kara ukuran 65 ml Pelengkap : - Potongan mangga Taburan : - biji wijen secukupnya yang sudah disangrai

Resep yang mungkin kalian sukai :

Cara membuat mango sticky rice : - Pertama, siapkan beras ketan yang sudah di cuci dengan bersih, rendam beras ketan dengan air hingga terendam sepenuhnya selama 1 jam.
- Setelah 1 jam, tiriskan hingga tidak ada air rendaman yang tersisa. Beras direndam dengan tujuan agar beras ketan lebih cepat empuk ketika di masak.
- Selanjutnya tuangkan santan, air, dan garam ke dalam wadah. aduk rata dan masak di ricecooker. Setelah ketan sudah matang, aduk-aduk ketan agar lebih pulen.
- Untuk saus santan dan vlanya. Campurkan terlebih dahulu tepung meizena dengan beberapa sendok air. Aduk hingga tepung meizena benar benar larut lalu sisihkan.
- Siapkan wajan, tuangkan santan instan, air, gula dan juga garam. Aduk sampai tercampur rata. Masak dengan api kecil hingga mendidih. Santan instan bisa kalian ganti dengan 500 ml santan dari 1 butir kelapa parut.
Setelah mendidih, Masukkan larutan maizena tadi. Masak hingga mengental sambil terus di aduk aduk.
- Untuk taburan mango sticky rice nya, Sanggrai wijen dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan dan terasa sangat ringan.
- Terakhir Susun ketan, potongan mangga dan siramkan saus santan. Tambahkan biji wijen dibagian atasnya
- Mango sticky rice siap disajikan!

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa lihat di video ini:


#ketanMangga #mangoStickyRice #resepManggaKetan

0 komentar:

Posting Komentar