BAKSO CEKER BUMBU RICA-RICA MANTAP

    Karena udah sering share resep kue, kali ini aku mau share resep masakan sehari-hari nih! Ini rasanya pedasnya pas banget nih, favorit keluargaku! langsung eksekusi bahannya yuk!

Bahan rica - rica bakso ceker : - 15 potong ceker,cuci bersih,potong kukunya - 1 buah jeruk nipis - 10 buah bakso - 5 lembar daun jeruk - 2 batang serai - 3 siung bawang merah, iris tipis - Minyak secukupnya - 250 ml air - 1 sdt kaldu bubuk ( aku pake kaldu jamur ) - 1/2 sdt garam - Air es secukupnya
Bumbu halus : - 10 buah cabe merah keriting - 3 buah cabe rawit - 7 siung bawang merah - 3 siung bawang putih - 1 ruas jahe

Cara Membuat
Pertama, Cuci bersih dan potong kuku ceker ayamnya terlebih dahulu. Tambahkan garam dan 1/2 buah perasan jeruk nipis atau lemon. Diamkan selama 15 menit. Air perasan jeruk nipisnya berfungsi agar ayamnya jadi lebih segar.

Selanjutnya, goreng ceker ayamnya sampai kulitnya kering. Gorengnya sambil ditutup supaya cipratan minyaknya gak kemana-mana. 
Angkat hasilnya dan rendam di air es, kita bisa simpan dulu di kulkas selama sekitar 1 jam. Tujuannya supaya ceker lebih mekar dan empuk.
 Sekarang kita siapkan bumbu halus sesuai resep diatas, Haluskan kasar bumbu tersebut. Aku menghaluskannya dengan chopper, kalian bisa juga haluskan manual dengan ulekan. 
 Tumis bumbu yang dihaluskan tadi dengan 2sdm minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya.
 Setelah bumbunya mulai harum, Tambahkan daun jeruk yang sudah disobek-sobek dan diambil tulangnya, sereh yang sudah di geprek, dan bawang yang sudah diiris tipis. aduk rata sampai rempah-rempah ini layu.
Masukkan bakso dan ceker ayam setelah rempah-rempahnya mulai layu. Kalian bisa juga menambahkan air ataupun kaldu ayam. Jangan lupa untuk mengaduk rata dan menambahkan kaldu jamur, garam agar masakkan kamu tidak hambar. Tambahkan juga air perasan jeruk nipis supaya ada rasa asam segar dimasakan kamu. Masak dengan kekentalan sesuai selera kalian.
    Kalian bisa sajikan dengan tambahan bawang goreng diatasnya. Kalian bisa cek video untuk lebih lengkapnya:
Terimakasih sudah mampir
#Lauk #ceker #ricarica



0 komentar:

Posting Komentar