CARA MEMBUAT CARANG GESING TANPA DAUN PISANG

 

Assalamualaikum teman - teman semuanya...
Hari ini teteh mau share cara membuat Carang Gesing. Kue tradisional ini merupakan salah satu kue  khas Solo, Jawa Tengah dengan bahan dasar pisang yang dikukus dalam daun pisang. Jika dilihat dari bentuknya, makanan ini mirip dengan nagasari, akan tetapi sebenarnya bukan nagasari. Nah kali ini teteh ngga pakai daun pisang teman - teman jadi lebih praktis. Rasanya ngga kalah enak ko dengan yang dibungkus daun pisang. Langsung aja ya siapkan bahan-bahannya :

Bahan bahan:
- 350 gr pisang yang sudah matang
- 2 lembar roti tawar
- 150 ml air
- 200 ml santan instan kara
- 30 gr gula pasir
- 1 butir telur
- 1/4 sdt vanili bubuk
- 1/4 sdt garam halus

 Resep yang mungkin kalian suka:

Cara membuat :
 -Pecahkan telur tambahkan gula pasir, vanili bubuk, garam halus, santan instan dan tambahkan air aduk sampai tercampur rata jika suda tercampur rata sisihkna. 












-Selanjutnya kupas pisang di sini, teteh menggunakna 8 buah pisang dengan ukuran yang kecil kecil untuk pisangnya kalian bisa menggunakan pisang apa aja ya lalu potong pisang pisang, dan potong juga roti tawar sisihan kulitnya  rotinya di potong potong juga ya











-Campurkan potongan pisang dan roti ke dalam adonan telur tadi aduk terus sampai tercampur rata siapkan loyang alumunium voil tuangkan adonannya biasanya carang gesing itu di kukus dengan daun pisang cuma teteh gak mau ribet jadi menggunakan alumunium voil rasanya sama saja ya gak kalah enak loh dengan yang menggunakan daun pisang 












-Jika sudah di tuangkan ke dalam alumunium berikan sedikit hiasan potongan daun pandan lalu masukan ke dalam kukusan selama 30 menit jangan lupa untuk tutup kukusannya di alasi serbet agar airnya tidak menetes. 












Cara membuatnya mudah kan yuk ah langsung aja di buat di rumah ya untuk lebih lanjutnya langsung aja tonton vidionya juga ya. 

Terimakasih selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar