PIZZA TUNA MELT TEFLON TANPA MIXER ALA PIZZA HUT


    Assalamualaikum teman-teman Teteh, semoga kalian sehat selalu. Dari dulu Teteh sering banget dapet pertanyaan kenapa nama channel YouTube dan blog-nya Asahid Tehyung? Kok kaya nama member BTS (nama boyband asal Korea)? Jujur, Teteh tadinya gak tau taehyung (member BTS) sama sekali karena ngga terlalu mengikuti boyband Korea. Asal nama Asahid Tehyung itu dari nama Teteh dan suami. Asahid diambil dari Aa Sahid yang merupakan suami Teteh, sedangkan Tehyung di ambil dari Teteh Yung yang merupakan nama panggilan Teteh.

    Selain pertanyaan asal mula nama Asahid Tehyung, banyak juga pertanyaan tentang kapan dan alasan Teteh mulai menekuni dunia baking dan memasak. Sebenarnya dari kecil Teteh sudah suka memasak, tapi mulai menekuni dunia baking setelah punya anak pertama. Anak pertama teteh takut nasi dan gak suka beberapa lauk-pauk. Sebagai orang tua tentunya khawatir dengan pertumbuhan anak. Teteh udah coba konsultasi ke Dokter, tanya sana-sini tapi hasilnya tetep nihil. Sering juga denger orang nyinyir katanya terlalu memanjakan anak, Gak usah dikasih makan, nanti juga kalo kelaparan nyari sendiri. Padahal udah coba banyak cara termasuk coba untuk ngga kasih makanan supaya makan makanan yang ada aja. Tapi hasilnya malah bener-bener ngga makan dan berujung sakit.

    Tentunya sedih karena anak pertama belum suka nasi dan lauk pauk, akhirnya coba cari-cari makanan alternatif lain supaya gizinya tetep seimbang. Awalnya coba-coba buat bolu dan alhamdulillah dia suka. Dari situ mulai belajar baking supaya makanan dia sehat dan bervariasi. Sampai sekarang dia belum suka nasi dan lauk pauk, tapi udah bisa request minta makanan apa. Salah satu makanan yang sering dia request adalah pizza tuna melt. Simak resep dan cara membuatnya disini ya!

Bahan-bahan pizza tuna melt :
  • 1 sdt gula pasir 
  • 1 sdt garam halus 
  • 1 sdm ragi instan 
  • 2 sdm minyak sayur 
  • 200  ml air hangat
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
Toping pizza tuna melt : 
  • 150 gr mayonnaise 
  • 125 gr ikan tuna
  • 35 gr bawang Bombay, cincang
  • 50 gr jagung manis
  • 150 gr Mozarella
  • Parsley
Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat pizza tuna melt:
- Pertama kita buat bahan biang. Campurkan gula pasir, ragi dan air hangat kuku. Aduk rata dan diamkan 5-10 menit atau hingga berbuih. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa membuat ragi mati dan tidak aktif. Suhu air yang digunakan adalah sekitar 35°C.
- Setelah ragi berbuih, masukkan garam, minyak dan aduk rata. 
- Campurkan tepung terigu dan bahan biang tadi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
- Olesi minyak ditangan. Uleni adonan menggunakan tangan sampai kalis. Hentikan pemberian biang jika adonan sudah kalis. 
- Oleskan minyak pada permukaan adonan yang sudah kalis. Tutup adonan dengan plastik wrap atau kain. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengembang 2x lipat.
- Kita buat toping pizza selagi menunggu adonan diproofing, Campurkan ikan tuna, bawang bombay dan mayonnaise. Aduk rata dan sisihkan.
- Setelah 30 menit di proofin, adonan akan mengembang. Pindahkan ke alas dan gilas tipis hingga adonan pas dengan loyang pizza. klik disini untuk beli alasnya
- Pindahkan adonan ke loyang pizza yang sudah dioles tipis margarin. Ratakan adonan dan buat sedikit cekungan dibagian pinggir agar topping tidak luber saat matang. Tusuk-tusuk adonan agar  adonan tidak menggelembung saat dioven. Teteh pakai loyang diameter 30 cm. klik disini untuk beli loyangnya
- Saatnya memberi topping untuk pizza. Oleskan saus spaghetti, tambahkan taburkan keju dan topping tuna mayo yang sudah kita siapkan sebelumnya. Ratakan di seluruh permukaan kecuali bagian pinggir. Tambahkan lagi taburan keju parut, jagung manis dan parsley.
- Panggang pizza dengan suhu 200°C selama 20-25 menit atau hingga matang. Pastikan oven sudah dipanaskan sebelumnya. Selain dipanggang dengan oven, kalian juga bisa pakai teflon. klik disini untuk beli oven-nya
- Setelah matang, oles bagian pinggir pizza dengan margarin/mentega supaya lebih mengkilat dan cantik.
- Keluarkan pizza dari loyang. Potong-potong dan pizza siap disajikan

    Rasa pizzanya mirip banget sama pizza yang dijual di restoran, Ini Teteh buat pizza versi besar, Kalian bisa bagi adonannya menjadi 2 bagian untuk ukuran yang lebih kecil atau lebih tipis. Untuk cara lengkap membuat pizza tuna melt, silahkan lihat disini:

Terimakasih sudah mampir. Semoga resepnya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar