RESEP BOLU KUKUS KEJU LEMBUT ANTI RIBET


    Assalamualaikum teman-teman Teteh! semoga kalian sehat selalu. Teteh lumayan pusing banget pas awal muncul corona karena anak pertama baru masuk kelas 1 SD. Karena sekolah full online jadi cukup kewalahan, harus dampingi daring, ngasuh anak kedua, beres-beres rumah dan harus tetep buat konten. Rasanya stres banget harus handle banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Alhamdulillah sekarang situasi udah mulai membaik dan sekolah udah mulai tatap muka.

    Teteh kalau lagi stres biasanya langsung play sholawat biar adem ngga marah-marah. Kalau udah mulai adem, ngga lupa buat cemilan untuk anak-anak. Tapi kalau abis stres kaya gitu biasanya Teteh buat cemilan yang simpel aja kaya bolu kukus keju ini. Menurut Teteh, bolu kukus keju ini jadi salah satu cemilan yang cara buatnya ngga ribet. Simak resep dan cara membuatnya disini ya!

Bahan-bahan bolu kukus keju:
  • 4 butir telur ayam
  • 125 gram gula pasir
  • 125 gram terigu protein sedang
  • 1 sdt pasta vanilla
  • ½ sdt SP
  • 1 sachet SKM vanilla
  • 3 sdm tepung maizena
  • 60 gram keju parut 
  • 100 gram margarin , cairkan
Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat bolu kukus keju:
- Campurkan telur, gula pasir, kental manis vanilla, SP, dan pasta vanilla. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan putih atau sekitar 10 menit.

- Setelah mengembang, tambahkan tepung maizena dan tepung terigu sambil terus diayak. Masukkan secara bertahap dan aduk rata. Disini teteh tambahkan dengan 3 tahap.

- Tambahkan keju parut dan aduk hingga tercampur rata.
- Tambahkan sedikit adonan ke margarin yang sudah dilelehkan. Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Setelah tercampur rata, tuang ke seluruh adonan dan aduk rata hingga tidak ada margarin yang mengendap di adonan. Teknik ini digunakan untuk memancing adonan agar dapat tercampur rata ketika dimasukkan margarin atau mentega yang dilelehkan. Pastikan adonan benar-benar tercampur rata karena bolu akan bantat jika masih ada margarin yang mengendap.

- Tuang hingga 3/4 cetakan belimbing yang sudah dioles tipis margarin atau minyak. Hasilnya dapat mengisi 21 buah cetakan. 
- Tata dan Kukus selama 25 menit atau hingga matang. Sebelumnya, pastikan kukusan sudah di panaskan hingga mendidih agar panasnya merata dan bolu matang sempurna.
- setelah 25 menit, tes kematangan dengan cara tes tusuk. Bolu sudah matang jika tidak ada adonan yang menempel.
- Angkat dan keluarkan dari cetakan
- Bolu kukus keju siap disajikan.

    Untuk hasil 1 adonan bolu kukus keju ini menghasilkan 21 buah. Kalau kalian mau menggunakan loyang yang besar, kukus sekitar 45 menit ya! Rasa dan aroma keju pada bolunya cukup terasa, teksturnya lembut dan enak. Untuk cara lengkap membuatnya, silahkan cek di video:

Terimakasih sudah mampir. Selamat mencoba dan semoga resepnya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar