KUE MANGKOK


     Assalamualikum temen temen, hari ini teteh mau share Resep membuat kue apem tanpa ragi dan mekar dengan sempurna .Nah kalau kalian penasaran bagaimana cara buatnya. Yuk langsung aja disimak ya temen-temen.

Bahan :
- 13 sdm penuh/200 gr tepung beras 
- 7 sdm penuh / 100 gr tepung terigu protein sedang
- 10.5 sdm penuh /175 gr gula pasir
- 1 1/2 potong tape/125 gr tape singkong
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt baking powder
- 1 + 3/4 gelas / 350 ml air 
- 3/4 gelas / 150 ml air soda 
- 1/2 sdt baking powder
- 1 garis pewarna merah

Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat:
- pertama panaskan kukusan dan juga cetakan. Panaskan selama 15 menit.  
- campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir, garam,  dan tape. Tape kita buang seratnya kemudian haluskan. Pilih tape yang matang betul sehingga hasil jadi kue mangkok mengembang sempurna. 
Tape ini untuk membantu fermentasi.rata. 
-Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil dimixer kecepatan tinggi sekitar 10 menit, tujuannya supaya gula nya larut. Jika masih ada bunyi kresek kresek berarti adonan belum larut.
- Tambahkan baking powder, pewarna makanan dan air soda ke dalam adonan, lalu aduk rata dengan kecepatan rendah sampai busa di adonan menghilang. Pastikan menggunakan air soda baru ya.  terakhir tambahkan pewarna makanan. Aduk rata
-Tuang ke Cetakan tanpa dioles apa apa ya. Tuang adonan ke dalam cetakan satu persatu sampai penuh.
- Kemudian tutup kukusan dan kukus selama 15 menit api besar, 15 menit api sedang. Api besar untuk memekarkan,api sedang untuk mematangkan.   
   
     
- angkat kue mangkuk, tunggu dingin baru keluarkan dari cetakan, kue mangkuk siap dihidangkan. 
- untuk 1 resep ini hasilnya 17 buah kue mangkuk. Cantik kan kue mangkok nya bagus harus berserat halus, empuk, dan mekar sempurna. Mudah sekali bukan? Untuk cara pembuatan lengkapnya dan lebih jelasnya kalian bisa tonton videonya di bawah ini 



0 komentar:

Posting Komentar