JAJANAN PASAR INI PALING DIGEMARI BANYAK ORANG ❗ RESEP PUTU MAYANG ANTI GAGAL

    Assalamualaikum, Teman Tehyun! Perkenalkan, ini teteh yang kembali lagi dengan resep jajanan pasar yang pastinya akan mengingatkan kalian pada kenangan manis di masa kecil. Kali ini kita akan bercengkerama dengan kue putu mayang, jajanan yang kenyal dan penuh warna. Meskipun sudah jarang terlihat, jangan khawatir, karena teteh akan tunjukkan cara membuatnya yang super mudah!

    Teman Tehyun, pertama-tama kita perlu siapkan bahan-bahannya. Siapkan tepung beras dan tepung tapioka, gula pasir untuk rasa manis, santan untuk kekentalan yang pas, dan sedikit garam dan vanili sebagai penyeimbang rasa. Jangan lupa pewarna makanan hijau dan merah untuk kesan warna-warni yang menggugah selera!

Bahan-bahan Putu Mayang :

  • 225gr Tepung beras 
  • 100 gr Tepung tapioka 
  • 2 sdm Gula pasir 
  • 600ml Santan (kekentalan sedang) 
  • 1/4 sdt Garam 
  • 1/2sdt Vanili Pewarna Makanan hijau dan merah

Bahan-bahan Sirup Kinca Gula Merah :
  • 1 lembar Daun pandan yang disimpul
  • 200 gr Gula merah 
  • 500 ml Santan (kekentalan sedang ) 
  • 1/2 sdt Garam 
  • 1 sdm Maizena + Air
  • Nangka secukupnya
Resep yang mungkin kalian sukai : 

Cara membuat putu mayang :
-Setelah bahan siap, kita akan mulai membuat adonan. Campur tepung beras, gula, garam, dan vanili. Aduk rata sambil tuangkan santan perlahan agar tercampur sempurna.
Masak adonan hingga kalis dan tambahkan tepung tapioka sambil diaduk

Kemudian bagi dua dan beri warna sesuai selera, merah atau hijau.
Teman Tehyun, untuk membuat bentuk putu mayang, sebenarnya kita tidak selalu butuh cetakan. Teteh akan kasih trik cara membuat putu mayang tanpa cetakan. Caranya, dorong adonan di atas daun pisang yang sudah dioles minyak. Bentuk memanjang, lalu tambahkan pisang di tengah dan gulung.
Sekarang, kita akan kukus adonan yang sudah dibentuk. Pastikan kukusan sudah panas ya, Teman Tehyun. Kukus putu mayang kurang lebih 15 menit hingga matang sempurna. Ini langkah penting agar kue putu mayang kita kenyal dan lezat.

Cara membuat sirup kinca atau saus gula merah :
Sambil menunggu, kita buat sirup kinca yang legit. Campur gula merah, santan, dan daun pandan. Masak hingga gula larut, saring, lalu masak kembali dengan maizena yang sudah dilarutkan. Tambahkan nangka untuk sensasi rasa yang unik. Sirup ini yang akan memanjakan lidah kita nanti!
Saat putu mayang sudah matang, angkat dan sajikan dengan sirup kinca yang gurih manis. Putu mayang tepung beras dan sirup kinca ini akan menjadi kombinasi yang menggoda untuk disantap kapan saja. Siap-siap, karena Teman Tehyun akan ketagihan dengan resep kue basah yang satu ini!.

Nah, Teman Tehyun, ternyata membuat putu mayang itu tidak serumit yang dibayangkan, kan? Jajanan pasar ini bisa kita buat sendiri di rumah dengan langkah yang sederhana. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan kue putu mayang buatan sendiri. Sampai jumpa di resep selanjutnya. Wassalamualaikum!

Slug: cara-membuat-putu-mayang-warni-tradisional Meta Description: Ikuti langkah sederhana dari Teteh untuk membuat Putu Mayang, kue tradisional yang kenyal dan manis! Dengan panduan ini, Teman Tehyun bisa menciptakan jajanan pasar klasik di rumah tanpa memerlukan cetakan khusus. Cocok untuk pemula yang ingin mencoba resep kue basah tradisional!


Terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar