Cara Buat Pempek Ikan Khas Palembang yang Gurih + Cuko yang Segar

Hallo, Teman Tehyun! Bagaimana kabarnya? Tentu banyak di antara kalian yang sudah tak asing dengan mpek mpek palembang, ya? Makanan khas Palembang ini memang memiliki rasa yang unik dan gurih. Nah, pada kesempatan kali ini, teteh ingin berbagi cara membuat pempek ikan khas Palembang yang gurih dan cuko yang super segar. Mari kita mulai!

1. Apa Itu Pempek?

Pempek atau sering juga dikenal sebagai empek empek palembang adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari campuran ikan dan tepung. Tekstur kenyal dan rasanya yang gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuko yang asam dan manis, membuat sensasi rasa menjadi semakin sempurna.


2. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Teteh ingin memastikan Teman Tehyun memiliki semua bahan yang diperlukan sebelum memulai:

Bahan A : 30 gr tepung terigu 300 ml air 30 gr garam halus 15 gr penyedap rasa 15 gr gula 1 sdt merica bubuk 1 kg tepung sagu Bahan B : 1500 gr ikan tenggiri, bisa di campur fillet ikan. 2 btr telor utuh 300 ml air es 10 siung bawang putih Tambahan: 100 gr tepung sagu untuk dibalur di telapak tangan, saat membentuk pempek 1 sdm Minyak untuk merebus, campur diair mendidih Pelengkap : mentimun sohun rebus Bahan Kuah Cuko: 30 cabe rawit hijau, 15 bawang putih, 1 sdm garam, 1.5 liter air 1 kg gula aren 50 gr air asam jawa 4 sdm cuka


3. Langkah Membuat Pempek Ikan

a. Pembuatan Adonan: Pertama-tama, siapkan wajan dan aduk rata tepung terigu dengan air. Masak hingga mengental, lalu angkat dan biarkan hingga hangat. Blender ikan tenggiri, bawang putih, garam, gula, penyedap, merica, telur, dan air es hingga halus.

b. Mencampur Adonan: Campurkan adonan ikan yang telah diblender dengan adonan tepung terigu yang sudah dimasak. Aduk hingga merata. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga habis.

c. Pembentukan Pempek: Dengan tangan yang telah dilumuri tepung sagu, ambil adonan dan bentuk sesuai keinginan. Jika ingin membuat pempek kapal selam, buat lubang di tengah adonan dan isi dengan telur.

d. Perebusan Pempek: Rebus pempek hingga mengapung. Biarkan beberapa menit agar matang sempurna.


4. Membuat Kuah Cuko yang Segar

a. Pembuatan Bumbu Halus: Haluskan cabe rawit, bawang putih, dan garam dengan sedikit air.

b. Pemasakan Cuko: Rebus air, gula aren, dan asam jawa hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan bumbu halus tadi dan aduk sebentar. Matikan api dan biarkan cuko hingga dingin.


5. Penyajian Pempek

Setelah pempek dan kuah cuko siap, sajikan pempek dengan kuah cuko, mentimun, dan sohun rebus. Jangan lupa, pempek ini bisa disimpan di freezer dan kemudian digoreng hingga kuning keemasan sebelum disajikan.


6. Kesimpulan

Tidak sulit, bukan, Teman Tehyun? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menikmati empek empek palembang yang gurih dan cuko yang segar di rumah sendiri. Selamat mencoba!


Slug: cara-buat-pempek-ikan-palembang-gurih-cuko-segar

Meta Description: Teman Tehyun, yuk pelajari cara membuat pempek ikan khas Palembang yang gurih bersama kuah cuko yang super segar! Ikuti panduan lengkap dari teteh dan jadilah ahli dalam membuat empek empek palembang crispy dan lezat. Nikmati sensasi rasa khas Palembang di rumahmu!

Mudahkan cara membuatnya? Resep dan cara membuat mpek mpek juga bisa kalian lihat melalui video berikut ini :

0 komentar:

Posting Komentar