Cara Buat Urap Kress Crunchy dan Tidak Mudah Basi


Hei, Teman Tehyun! Ada yang sudah kenal dengan urap sayur? Makanan tradisional Indonesia yang satu ini memang enak dan sehat. Nah, kali ini teteh ingin berbagi cara membuat urap sayur yang crunchy dan tak mudah basi. Yuk, simak ulasannya!

1. Mengenal Urap Sayur Lebih Dekat Urap sayur adalah makanan khas Jawa yang terdiri dari berbagai sayuran rebus yang dicampur dengan kelapa parut bumbu. Biasanya, urap sayur disajikan sebagai lauk pendamping atau bisa juga sebagai makanan utama. Ada berbagai variasi urap, mulai dari urap sayuran bumbu kelapa, urap sayur kukus, hingga urap sayur jawa.


2. Bahan yang Diperlukan Sebelum memulai, tentu kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya:

    Bahan : 400 gr kol 400 gr wortel 400 gr tauge 400 gr kacang panjang 2 ikat bayam 800 gr kelapa setengah tua, diparut Bumbu halus: 15 Bawang merah 15 Bawang putih 10 Cabe merah keriting 5 cabe merah besar 3 cabe rawit 1 sdt Terasi bakar 3 ruas Kencur 8 lembar Daun jeruk 1 sdm asam jawa, seduh air panas 3 sdt Garam 1 sdt gula pasir 50 gr gula merah, disisir
  • .

3. Langkah Membuat Urap yang Crunchy

a. Menyiapkan Sayuran: Cuci bersih lalu potong-potong sayuran sesuai selera. Kemudian rebus sayuran. Ingat, untuk mendapatkan tekstur yang crunchy, rebus kol, wortel, dan kacang panjang hanya selama 2 menit. Lalu, bayam dan tauge cukup 1 menit saja.

b. Mencegah Pematangan Berlanjut: Setelah direbus, segera masukkan sayuran ke dalam air es. Hal ini bertujuan agar sayuran tetap segar dan tidak melanjutkan proses pematangan.

c. Mempersiapkan Bumbu Halus: Uleg atau haluskan semua bahan bumbu hingga benar-benar lembut.

d. Menumis Bumbu: Dengan menggunakan sedikit minyak, tumis bumbu halus yang sudah disiapkan hingga harum dan matang.

e. Menggabungkan Kelapa Parut: Setelah bumbu matang, tambahkan kelapa parut. Aduk rata dan masak hingga kelapa menjadi kering. Ini merupakan langkah penting agar urap sayuran bumbu kelapa kita tidak mudah basi.

f. Mencampur dengan Sayuran: Pastikan kelapa sudah dingin. Baru kemudian campurkan dengan sayuran yang telah direbus tadi. Dengan menggabungkannya saat dingin, urap sayur kita akan lebih awet dan tidak mudah basi.


4. Tips Penyajian dan Penyimpanan

Setelah selesai membuat, sajikan urap sayur dalam keadaan seger. Jika ingin disimpan, pastikan dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas.


5. Variasi Resep Lainnya

Ada banyak variasi urap yang bisa dicoba, seperti urap sayuran bumbu kelapa mentah, urap sayuran bumbu kelapa basah, atau urap sayur mentah. Semua tergantung selera, Teman Tehyun!

Resep yang mungkin kalian suka : Rahasia Kentang Mustofa, Kentang Kriuk dan gak Melempem ! Resep Praktis Nasi Tutug Oncom Khas Sunda Resep Trancam yang Segar Tanpa Rebus & Tanpa dimasak


6. Kesimpulan

Membuat urap sayur yang crunchy dan tidak mudah basi ternyata tidak sulit, bukan? Teteh yakin, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Teman Tehyun bisa membuat urap sayur yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

 

Slug: panduan-pemula-urap-sayur-crunchy-tahan-lama

Meta Description: Mau tahu rahasia membuat urap sayur yang crunchy dan tidak mudah basi? Yuk, simak panduan lengkap dari teteh untuk pemula! Dengan tips dan trik ini, urap sayur Jawa kamu akan semakin sempurna. Selamat mencoba, Teman Tehyun!

Silahkna tonton video berikut ini untuk melihat resep dan cara lengkap membuat urap yang tidak mudah basi ini :

Terimakasih sudah mampir. Semoga resepnya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar