Bolu Gulung Anti Lengket, Rahasia Cara Buat Bolu Gulung Ekonomis Hanya dengan 3 telur

Hei, Teman Tehyun! Sudahkah kalian mencoba resep kue yang satu ini? Yap! Itulah bolu gulung ekonomis yang akan teteh bagikan hari ini. Siapa bilang membuat bolu gulung butuh banyak bahan? Kali ini, teteh akan berbagi rahasia cara membuat bolu gulung dengan hanya 3 telur saja. Langsung aja yuk simak resep dan langkah-langkahnya!

Mengapa Memilih Bolu Gulung Ekonomis?

Sebelum kita masuk ke dalam resep, tentunya Teman Tehyun bertanya-tanya, kenapa sih harus pilih resep bolu gulung ekonomis ini? Nah, selain karena bahan-bahannya yang minimalis, bolu gulung 3 telur ini punya tekstur yang lembut dan tentu saja ekonomis di kantong!

Persiapan Bahan

Tentunya, sebelum memulai, kita harus siapkan dulu bahan-bahannya. Berikut ini adalah bahan yang perlu Teman Tehyun siapkan:

Bahan bolu gulung :

  • 70 gr tepung terigu protein sedang
  • 3 butir telur
  • 60 gr margarin (cairkan dulu ya!)
  • 60 gr gula halus
  • 1 sdt SP
  • ¼ sdt baking powder
  • ½ sdt vanilli
  • Sedikit pasta coklat untuk hiasan

Bahan filling (untuk isian) :

  • 200 gr whippy cream bubuk
  • 400 ml air es
  • 75 gr keju parut (bisa skip jika tidak suka)

Langkah Pembuatan Bolu Gulung

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang paling seru, yaitu cara membuat bolu gulung! Teteh sudah rangkum dalam beberapa langkah sederhana yang mudah diikuti, jadi Teman Tehyun bisa langsung praktek di rumah.

Dalam sebuah wadah, masukkan semua bahan bolu gulung kecuali margarin. Masukkan tepung terigu, telur, gula halus, SP, baking powder dan vanilli. Mixer semua bahan dengan kecepatan tinggi selama 10 menit atau hingga mengembang, putih, kental dan berjejak.

Campurkan sekitar 1/3 bagian adonan ke dalam margarin cair yang sudah suhu ruang. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

Tuangkan adonan yang telah dicampur dengan margarin ke dalam sisa adonan yang masih di dalam mangkuk. Aduk perlahan menggunakan gerakan memutar dari bawah ke atas, sehingga adonan tercampur merata dan tetap lembut.

Campurkan 2 sendok makan adonan bolu gulung dengan pasta coklat. Aduk hingga adonan tercampur rata dengan pasta coklat. Masukan ke plastik segitiga / piping bag.

- Tuang sisa adonan bolu ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti. Ratakan permukaan dengan spatula. Hias bagian atasnya dengan adonan yang diberi pasta coklat.

Panggang bolu dalam oven yang telah dipanaskan. Panggang dengan suhu 180°C api atas bawah selama 10 menit, kemudian pindahkan kesuhu 175°C selama 10 menit.

Sebelum dikeluarkan dari oven, Lakukan tes tusuk gigi untuk memastikan bolu sudah matang. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya bolu sudah matang. Angkat bolu gulung dari oven, lepaskan bolu dari loyang dan letakkan di atas kertas roti. Selagi masih panas, Gulung bolu kemudian simpan dikulkas selama 20-30 menit.

Setelah itu, buka gulungan bolu yang sudah disimpan dalam kulkas. Olesi bagian dalam bolu gulung dengan buttercream atau selai sesuai selera masing-masing.

Selanjutnya, gulung kembali bolu dengan hati-hati, menjaga agar tidak terlalu ketat atau patah. Potong-potong bolu gulung sesuai selera dan tata di atas piring. Bolu gulung ekonomis siap disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Tips Bolu Gulung Anti Lengket

Agar bolu gulung kita sempurna, penting untuk memastikan bolu tidak lengket saat digulung. Pastikan untuk menggunakan kertas roti yang cukup lebar dan memastikan bolu sudah benar-benar matang sebelum digulung.

Varian Isian Bolu Gulung

Selain buttercream atau keju parut, Teman Tehyun juga bisa bereksperimen dengan isian lain seperti selai stroberi, coklat, atau bahkan krim kacang! Jadi, jangan takut untuk berkreasi ya!

Resep Lainnya yang Bisa Dicoba

Oh ya, selain resep bolu gulung ekonomis ini, teteh juga punya beberapa resep lain yang mungkin menarik untuk Teman Tehyun coba:

Slug: cara-buat-bolu-gulung-ekonomis-hanya-dengan-3-telur

Deskripsi Meta: Ingin tahu rahasia membuat bolu gulung yang lembut dengan bahan minimalis? Simak resep dan cara membuat bolu gulung ekonomis hanya dengan 3 telur ini! Cocok untuk pemula dan tentunya ekonomis di kantong.

Semoga resep dan tips dari teteh ini bermanfaat dan bisa membantu Teman Tehyun dalam berkreasi di dapur. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi hasil karya kalian ya!

  

0 komentar:

Posting Komentar