Rahasia Kentang Mustofa Kriuk dan gak Melempem !

Selamat datang, Teman Tehyun! Bagi kalian yang sedang mencari resep kentang yang kriuk dan gurih, hari ini teteh punya kabar baik. Kalian pasti pernah mendengar kentang mustofa, bukan? Nah, teteh akan membagikan rahasia membuat kentang mustofa yang kriuk dan tidak melempem. Jadi, tanpa berlama-lama, mari kita mulai!


Sejarah Kentang Mustofa

Sebelum kita masuk ke dalam resep, Teman Tehyun harus tahu sejarah menarik di balik kentang mustofa ini. Nama "Kentang Mustofa" dicetuskan oleh Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia. Ternyata, inspirasi nama tersebut diambil dari Chef Istana Cipanas yang bernama Opo Mustofa, pembuat olahan kentang legendaris ini.


Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  1. 4 kg kentang
  2. Air
  3. 2 sdt garam
  4. 1 jeruk nipis

Bumbu Halus:

  • 150g Bawang merah
  • 150g Bawang putih
  • 100gr Cabai rawit merah
  • 200g cabe keriting merah
  • 1 sdm asam jawa seduh dengan 100 ml air panas

Bahan Tambahan:

  • 200 ml Minyak
  • 20g Garam
  • 15gr kaldu bubuk
  • 5 lbr Daun salam
  • 250g Gula pasir
  • 50g Gula aren
  • 5 lb Daun jeruk

Cara Membuat Kentang Mustofa yang Kriuk

  1. Kupas kentang dan rendam di air agar tidak menghitam.

  2. Kemudian parut memanjang dan bilas hingga bersih. Hal ini penting untuk menghasilkan kentang yang kriuk.

  3. Tambahkan garam dan air perasan jeruk nipis ke rendaman kentang. Campuran ini akan membuat kentang semakin gurih.

  1. Dengan minyak panas, goreng kentang hingga berwarna keemasan. Ingat untuk terus mengaduk agar kentang tidak gosong.

  2. Haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan hingga halus.

  3. Kemudian tumis hingga harum dan masak hingga air berkurang.Tambahkan gula pasir, gula aren, garam, dan kaldu bubuk. Masak hingga bumbu tercampur rata dan karamelisasi sempurna.

  4. Masukkan kentang yang telah digoreng ke dalam bumbu. Aduk rata dan pastikan semua kentang terlapisi bumbu dengan sempurna.


Tips Rahasia Kentang Mustofa Kriuk

Teteh punya tips rahasia agar kentang mustofa kalian gak melempem, yaitu: pastikan saat menggoreng kentang, minyak benar-benar panas dan jangan lupa untuk selalu mengaduk kentang saat digoreng agar hasilnya kriuk dan warnanya merata.


Saran Penyajian

Kentang mustofa ini sangat cocok disajikan sebagai camilan sore sambil nonton film atau berkumpul bersama keluarga. Simpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah. Selain itu, Teman Tehyun juga bisa mencoba beberapa resep lain yang teteh rekomendasikan seperti stik kentang atau dimsum ayam udang.


Kesimpulan

Dengan resep ini, Teman Tehyun bisa menciptakan kentang mustofa kriuk yang sempurna. Teteh yakin camilan ini akan menjadi favorit keluarga. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Slug: rahasia-kentang-mustofa-kriuk-dan-anti-melempem

Meta Deskripsi: Rahasia membuat Kentang Mustofa kriuk dan tidak melempem! Dapatkan tips dan trik serta resep lengkap untuk membuat camilan kentang mustofa pedas manis yang sempurna di sini. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar