Resep Siomay Ikan ala Abang-abang yang Enak, Kenyal dan Empuk

    Assalamua'laikum teman-teman teteh! Kabar baik untuk kalian yang lagi cari ide jualan atau resep cemilan ala kaki lima, karena hari ini teteh akan share resep siomay ikan ala Abang-abang. Meskipun sudah dingin, siomay ini tetap enak, kenyal dan empuk. Yuk kita intip bahan-bahan yang harus disiapkan!
Bahan-bahan Siomay:
- 400 gr ikan tenggiri (opisional boleh diganti ikan lain) - 200 gr daging ayam (kalian bisa menggunakan bahan full ayam atau ikan) - 200 gr labu siam - 2 butir telur ayam - 500 gr tepung tapioka - 2 sdm saus tiram - 1 sdm kecap ikan - 1 sdm minyak wijen - 7 siung bawang merah - 5 siung bawang putih - 1 batang daun, diiris halus - 1/2 sdt lada bubuk - 1 sdt kaldu bubuk - 1 sdt garam
Bahan Pelengkap :
- kecap secukupnya - saus secukupnya - perasan jeruk limau

Resep yang mungkin kalian sukai :
Cara Membuat:
- Haluskan ikan, ayam, bawang merah, bawang putih dan labu siam. Cukup haluskan hingga setengah halus saja. Kalau tidak ada, labu siam ini bisa kalian ganti dengan bengkuang atau rebung. Peran labu siam ini adalah agar siomaynya tetap empuk meskipun sudah dingin. Klik disini untuk beli choppernya.


- Campurkan kecap ikan, saus tiram, dan minyak wijen.

- Tambahkan campuran kecap tadi bersama dengan telur, lada bubuk, kaldu bubuk, garam, dan daun bawang ke adonan yang sudah setengah halus. Haluskan kembali hingga benar-benar halus dan tercampur rata.

- Tambahkan dan aduk rata tepung tapioka ke adonan siomay. Proses memasukkan tepung tapioka ini dibagi menjadi 2 tahap. Kalian juga bisa mengganti tepung tapioka ini dengan sagu.

- Siapkan saringan kukusan. Alasi dengan daun pisang atau oles tipis saringan kukusan dengan margarin.

- Potong pare menjadi 4 bagian. Buang bagian ujung dan isinya. Rendam di air yang sudah diberi sedikit garam selama 5 menit. Cuci dan tiriskan. Isi pare dengan adonan siomay secukupnya, kemudian tata di kukusan.

- Rebus beberapa lembar daun kol yang sudah dicuci hingga bersih, rebus kol tersebut hingga 5 menit. Angkat dan tiriskan.

- Buang bagian tulang daun kol. Letakan adonan siomay secukupnya dibagian tengah daun kol. Gulung hingga rapih. Tata di kukusan.

- Tambahkan siomay secukupnya dibagian tengah tahu. Tata di kukusan.

- Bulat-bulatkan adonan siomay yang tersisa dengan menggunakan 2 buah sendok. Tata kembali dikukusan.

- Kukus siomay sekitar hingga matang atau sekitar 25 menit.

- Sajikan dengan saus kacang, kecap, dan saus agar lebih nikmat. resep saus kacangnya bisa kalian lihat disini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video ini :
Terimakasih sudah mampir
#resepsiomay #siomay #idejualan #kakilima

0 komentar:

Posting Komentar