Cara Membuat Fish Cake Eomuk (Odeng) dengan Bahan seadanya

 

   
Assalamu'alaikum teman-teman teteh! siapa nih yang suka nonton drakor? Pasti kalian udah ngga asing lagi dengan odeng atau eomuk. Odeng atau eomuk adalah kue ikan khas Korea yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dicampur dengan tepung dan beberapa bumbu-bumbu. Penyajiannya biasa ditusuk dengan tusuk sate dan direbus dengan kaldu. Bentuknya menarik banget berupa lembaran ditusuk seperti usus. Supaya ngga penasaran, langsung aja kita intip bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan-bahan Fish cake eomuk :
-  750 gr ikan tenggiri / dori
-  6 siung bawang putih
-  3 butir putih telur
-  3 sdm tepung maizena
- 6 sdm tepung terigu
- 9 sdm tepung tapioka
- 2 sdt garam
- 2 sdt kaldu jamur
- 1 sdt lada bubuk

Bahan Kuah :
- 3 siung bawang putih
- 1/2 siung bawang bombay
- 1 sdm minyak untuk menumis
- 2 liter air
- 1 sdm kecap ikan
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdm kaldu jamur
- 1 sdt garam
- 1 sdt lada bubuk
- 1 sdt minyak wijen
- 3 lembar nori(aku ngga pake karena lagi ngga ada stok di rumah)

Tambahan untuk taburan :
- daun bawang

Resep yang mungkin kalian sukai:

Cara membuat fish cake eomuk:

Campur dan haluskan bahan fishcake eomuk.
    Haluskan ikan dori bersama bawang putih dan putih telur terlebih dahulu karena hasilnya adonannya jadi tidak terlalu halus jika bahan fishcakenya langsung dicampurkan. Campurkan semuan bahan fishcake lainnya bersama ikan dori yang sudah dihaluskan tadi. Sebelumnya ikan sudah diberi jeruk nipis agar tidak bau amis. Ikan dori juga bisa kalian ganti dengan ikan tenggiri. Klik disini untuk beli choppernya.

Masukkan adonan ke plastik
    Ambil adonan secukupnya dan masukkan ke dalam plastik. Ratakan dengan rolling pin agar hasilnya tipis. Tusuk-tusuk dan lubangi dengan tusuk sate atau tusuk gigi agar fishcake cepat matang dan tidak menggelembung saat dikukus. Disini aku memasukkan adonannya plastik zipper bag karena sudah tahan panas. klik disini untuk beli rolling pin.

Kukus adonan
    Panaskan kukusan terlebih dahulu. Kukus selama 25 menit dengan api sedang. Angkat dan dinginkan eomuk atau odeng yang sudah kita kukus. Odeng ini bisa langsung kalian olah atau simpan untuk stok. Simpan dengan wadah kedap udara difreezer untuk stok. Odeng bisa bertahan 10-14  hari di freezer.
klik disini untuk beli wok pan.

Tusuk fishcake eomuk
    Potong eomuk menjadi lebih kecil agar hasilnya lebih cantik. Lipat perlahan dan tusuk dengan tusukan sate. klik disini untuk beli pisau

Cara membuat kuah:

Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
    Tumis bawang putih dan bawang bombay yang sudah di cincang. Tumis sambil terus diaduk-aduk hingga bawangnya harum dan sedikit berubah warna dengan minyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Bawang membuat kuahnya jadi lebih wangi. Kalian bisa skip atau mengganti bawang bombay dengan bawang merah.

Didihkan dan tambahkan odeng.
 Tuangkan air ke tumisan bawang bersama semua sisa bahan kuah. Tunggu hingga kuah mendidih. Masukkan odeng dan taburan daun bawang ke kuah yang sudah kita buat. klik disini untuk beli pan-nya.

Tips:
- Buat adonan hingga tipis agar mudah dibentuk. 
- kukus menggunakan plastik agar lebih mudah dibentuk tipis. 
- Tusuk-tusuk adonan agar lebih cepat matang. 
- Kalian bisa campurkan udang dan cumi untuk rasa yang lebih nikmat

    Hasilnya jadi 18 tusuk fishcake eomuk yang kuahnya seger dan nagih banget. Untuk cara lengkap membuatnya, silahkan lihat disini:
Terimakasih sudah mampir. Semoga resepnya bermanfaat.

#odeng #eomuk #fishcake #korea #kdrama #kpop #BTS


0 komentar:

Posting Komentar