Cara Membuat Telur Asin PEDAS Anti Gagal



    Kalian suka telur asin ngga? Cara membuat telur asin sangat banyak macamnya. Kali Ini aku mau buat telur asin anti maenstream dengan cara direndam. Apa sih yang membedakan telur asin ini dengan telur asin yang biasa kalian temui? Telur asin yang aku buat kali ini adalah telur asin pedas. Telur asin sendiri merupakan telur yang diawetkan dengan cara yang diasinkan. Supaya ngga penasan, simak cara pembuatannya disini ya!

Bahan-bahan yang diperlukan:
10 telur bebek
250 gram garam kasar
1,5 liter air
5 cabe rawit
5 cabe keriting
5 cabe merah besar
5 bawang putih

Artikel yang mungkin kamu sukai:

Cara membuatnnya:

Cuci dan gosok telur
    Cuci telur sambil gosok-gosok kulit telur dengan spon atau amplas. Gosok telur secara perlahan agar kulit telur tidak pecahl. Lap sisa air menempel pada telur. Telur diamplas dengan tujuan agar pori-pori telur terbuka sehingga larutan garam lebih mudah meresap. 

Larutkan Garam
    Campurkan 1,5 liter air dan garam. Masak hingga mendidih dan garamnya larut. Matikan kompor dan tunggu larutan garamnya dingin.

Haluskan bumbu.
    Kalian bisa haluskan langsung semua bahan secara bersamaan jika dihaluskan manual. Disini aku haluskan bumbu dengan chopper sehingga bawang putih dihaluskan terlebih dahulu. Bawang putih tidak dihaluskan bersama cabai dengan chopper untuk menghindari hasil potongan bawang putih yang tidak terlalu halus. Klik disini untuk beli choppernya.

Rendam telur dalam air garam dan bumbu cabe
    Masukkan bumbu yang sudah kita haluskan ke dalam toples. Tuang larutan air garam dan masukkan telur yang akan kita asinkan. Karena air mengandung garam, telur di dalam toples pun akan mengapung. Agar telur tidak mengapung, tindih telur di dalam toples dengan plastik yang sudah diisi oleh air. Tutup rapat toples dan pastikan seluruh bagian telur terendam. Rendam telur selama 12-21 hari. Beri label tanggal di toples sebagai pengingat.

Rebus telur
    Didihkan air bersama telur asin. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus selama 30 menit. Air yang digunakan untuk merebus adalah air yang kalian gunakan untuk merendam telur. Telur asin siap disajikan atau diolah menjadi tambahan makanan enak lainnya. Klik disini untuk beli wok pan-nya.


    Telur asin ini bisa disantap begitu saja atau dijadikan pelengkap hidangan. Kalian bisa mengambil kuning telurnya saja untuk membuat varian makanan salted egg. Tak hanya memakai telur bebek, kalian juga bisa membuat telur asin dengan telur ayam. Untuk hasil telur asin dengan telur ayam memang tidak sebagus telur bebek, tapi layak untuk dicoba

    Untuk cara membuat telur asin pedas ini, silahkan lihat disini:
Terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat.

#telurasin #brebes #bebek #resepmasakan

0 komentar:

Posting Komentar