Membongkar Rahasia Es Pisang Ijo Khas Makassar yang Empuk dan Lembut


    Assalamualaikum, Teman Tehyun! Kalian pasti setuju jika mendengar kata Makassar, salah satu yang terbayang adalah es pisang ijo yang empuk dan lembut. Kali ini, Teteh mau bagi-bagi rahasia cara membuat es pisang ijo khas Makassar yang bisa kalian coba di rumah. Dengan tekstur yang sempurna dan rasa manis segar, dijamin ini akan jadi menu takjil favorit saat Ramadhan!

Kenalan dengan Es Pisang Ijo

Apa Itu Es Pisang Ijo?

Sebelum melangkah lebih jauh, yuk kenali dulu apa itu es pisang ijo. Es pisang ijo adalah hidangan penutup khas Makassar yang terbuat dari pisang raja yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau dan disajikan dengan sirup merah serta bubur sumsum yang nikmat. Uniknya, warna hijau pada kulit pisang berasal dari pewarna alami loh, Teman Tehyun!

Siapkan Bahan-Bahannya

Tidak sulit kok menyiapkan bahan-bahannya. Yang kita perlukan adalah:

  • Bahan Es Pisang Ijo : 10-15 buah Pisang Raja, kukus 10 menit 15 lbr Daun Pandan, potong kecil-kecil blender dengan 500 ml air 200 gr Tepung beras 200 gr Tepung Terigu 50 gr Gula pasir 1sdm Margarin 600ml Santan kental 1sdt Pasta Pandan Bahan vla : 50 gr Tepung beras 100gr Gula Pasir 500ml Santan kental ½ sdt Garam 1 lembar daun Pandan, ikat simpul Bahan Pelengkap: Sirup coco pandan kental manis vanilla secukupnya Es batu secukupnya

Untuk vla, siapkan tepung beras, gula pasir, santan, garam, dan daun pandan. Sedangkan pelengkapnya, cukup siapkan sirup coco pandan, kental manis vanilla, dan es batu.

Resep yang mungkin kalian suka : RESEP JAPANESE CHEESECAKE LOW BUDGET Resep Oreo Desser Box Ekonomis Tanpa Whippedcream RESEP SALAD BUAH UNTUK IDE JUALAN DENGAN OMSET BESAR !

Membuat Adonan Kulit

Cara Mengolah Adonan Kulit yang Empuk

Langkah pertama adalah mengukus pisang raja. Sementara menunggu pisang dingin, haluskan daun pandan dan saring airnya. Campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan air pandan, kemudian aduk rata sambil dituangkan santan.

Tambahkan pasta pandan dan margarin, Masak dan aduk terus hingga menggumpal dan adonan siap dibagi.

Pembungkusan Pisang

Teknik Membungkus Pisang dengan Adonan

Setelah adonan siap, pipihkan dan selimuti pisang yang sudah dikukus dengan adonan tersebut. Pastikan semua bagian pisang tertutup sempurna. Kukus lagi hingga matang, ya, Teman Tehyun!

Menyiapkan Bubur Sumsum

Rahasia Bubur Sumsum yang Lembut

Selagi menunggu kulit pisang matang, kita akan membuat bubur sumsum. Campurkan semua bahan bubur sumsum. Masak dan aduk terus hingga mengental. Konsistensi yang pas adalah kunci bubur sumsum yang lembut dan melengkapi es pisang ijo kita dengan sempurna.

Penyajian Es Pisang Ijo

Menyajikan Es Pisang Ijo yang Sempurna

Saatnya penyajian! Tata es batu di wadah, tambahkan potongan es pisang ijo, bubur sumsum, sirup coco pandan, dan sedikit kental manis. Voila! Es pisang ijo buatan sendiri siap untuk diserbu.

Nah, Teman Tehyun, itu dia resep dan rahasia membuat es pisang ijo khas Makassar yang empuk dan lembut. Dengan mengikuti langkah-langkah dari Teteh ini, kamu bisa menikmati kesegaran es pisang ijo kapan saja di rumah. Selamat mencoba, dan bagikan hasilnya di komentar ya!

Mudahkan cara membuatnya? Jika penjelasan diatas masih kurang, silahkan tonton video di bawah ini ya. Terimakasih! Semoga resepnya bermanfaat . Wassalamualaikum

Slug: rahasia-es-pisang-ijo-khas-makassar-empuk-lembut

Meta Description: "Temukan rahasia membuat es pisang ijo Makassar yang empuk dan lembut dengan resep asli. Ikuti panduan lengkap dari Teteh untuk sajian penutup segar ini!"

0 komentar:

Posting Komentar