Bumbu Rujak Ulek Kacang Mede Ini Bisa Tahan 1 Bulan Lho !

Selamat datang kembali, Teman Tehyun! Pernah mencoba rujak buah sambal kacang yang enak banget? Hari ini, teteh punya resep spesial untuk kalian: bumbu rujak kacang mede! Kita akan membahas cara membuat bumbu rujak manis dengan kacang mede yang gurih dan pasti akan menambah kenikmatan rujak buah favorit kalian. Jadi, yuk langsung saja kita mulai!

Apa Itu Bumbu Rujak Kacang Mede?

Bumbu rujak kacang mede adalah varian dari bumbu rujak kacang yang menggunakan kacang mede sebagai bahan utamanya. Rasa kacang mede yang khas dipadukan dengan bumbu rujak kacang kental menciptakan kombinasi yang sempurna. Apalagi saat disajikan bersama rujak buah segar!

Buah yang Cocok Untuk Rujak Buah Bumbu Kacang

Sebelum kita memulai membuat bumbu, mari kita kenali dulu beberapa buah yang cocok untuk dijadikan rujak:

Buah:
Mangga muda
Nanas
Bengkoang
Kedondong,
Jambu
Timun

Bumbu ulek :
500 gr gula merah
100 gr kacang mete panggang
25 gr cabe rawit
1 sdt garam
10 gr terasi matang ( dibakar )
20 gr asam Jawa seduh dengan 75 ml air panas

Bumbu Ulek: Rahasia Kekentalan dan Kenikmatannya

Bumbu ulek adalah inti dari rujak buah bumbu kacang. Dengan kacang mede, cabe rawit, gula merah, dan bahan lainnya, kita bisa mendapatkan tekstur dan rasa yang pas untuk rujak buah sambal kacang.

Langkah-Langkah Membuat Bumbu Rujak Kacang Mede

  1. Sangrai kacang mede hingga berubah warna dan beraroma harum. Larutkan asam jawa dengan air panas.

  2. Selanjutnya, haluskan cabai rawit, garam, dan terasi dengan menggunakan blender atau ulekan hingga  halus. Tambahkan gula merah, kemudian haluskan hingga menjadi pasta halus. Tambahkan larutan asam jawa yang sudah disaring. Aduk rata

Tambahkan kacang mede yang telah disangrai ke dalam bumbu rujak, Ulek hingga kacang kacang mede terbalut dengan bumbu.
Bumbu rujak kacang mede siap digunakan untuk menyiramkan atau mencampurkan dengan buah-buahan dan sayuran segar saat menyajikan rujak. Pastikan untuk mencicipi bumbu rujak dan sesuaikan rasa sesuai preferensi pribadi. Selamat mencoba!
Tips dari Teteh Untuk Bumbu Rujak Manis Tahan Lama

Agar bumbu rujak manis kalian tahan lama, pastikan untuk menyimpannya di dalam wadah yang rapat dan diletakkan di dalam kulkas. Jika ingin dijadikan sebagai oleh-oleh atau disimpan lebih lama, tambahkan sedikit pengawet makanan alami.

Penutup: Selamat Mencoba!

Nah, Teman Tehyun, itulah resep bumbu rujak ulek kacang mede ala Teteh. Jangan lupa untuk mencoba resep lain yang mungkin kalian suka seperti:

Semoga sukses dan selamat menikmati rujak buah bumbu kacang versi kalian sendiri!


Slug: bumbu-rujak-ulek-kacang-mede-panduan-pemula Deskripsi Meta: Ingin tahu rahasia bumbu rujak buah yang enak dan tahan lama? Ikuti panduan mudah dari Teteh untuk membuat bumbu rujak ulek kacang mede yang gurih dan kental. Cocok untuk pemula dan pasti akan memikat selera!

    Hasil bumbunya sekitar 650 gr lebih ya. Simpan kulkas bisa tahan 1 bulan. Kalo suhu ruang bisa tahan selama 4 hari. Tonton video berikut ini untuk melihat resep dan cara membuat sambal ulek kacang mede :

Yuk cobain! Terimakasih sudah mampir

#rujak #bumburujak #rujakulek #bumburujakkacangmede #asahidtehyung_bumburujak #pisaustein #stein

0 komentar:

Posting Komentar