RESEP KUE KERING DONAT 3 BAHAN TANPA OVEN

    Assalamu'alaikum teman-teman Teteh! kali ini Aku akan share resep kue kering donat. Kue kering yang bentuknya mirip donat ini kita buat semirip mungkin dengan donat aslinya. Kue kering ini bahannya cuma 3 macam loh! Emang bisa bikin kue kering cuma 3 bahan dan tanpa oven? Langsung simak resep dan cara membuatnya biar ngga penasaran.
Bahan kue kering donat :
  • 300 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 gr gula halus ( bisa pake gula pasir yang diblender )
  • 200 gr margarin
Bahan topping :
  • 100 gr DCC
  • 100 gr white coklat
Artikel yang mungkin kalian suka :

Cara membuat:
Campur margarin dan gula halus 
    Campur dan aduk rata margarin dengan gula halus hingga tercampur rata. Kalian bisa ganti gula halus dengan gula pasir yang di blender. Ini bisa kalian aduk manual ya. Selain pakai full margarin, kalian bisa pakai perbandingan 1:1 margarin dan butter

Tambahkan tepung terigu
    Masukan tepung terigu menjadi 2 tahap agar lebih mudah tercampur rata. Aduk hingga tercampur rata. Kalian bisa menggunakan terigu protein rendah untuk hasil yang lebih renyah. Untuk hasil kue kering yang lebih tahan lama, sanggrai tepung terigu sebelum digunakan.


Uleni adonan
    Tuangkan adonan di atas alas silpat/pastry mat. Uleni sebentar, ini buat memastikan adonan benar-benar sudah tercampur rata, kalis dan bisa dibentuk

Gilas adonan
    Letakan plastik atau kertas roti di atas adonan. Gilas sampai mendapatkan ketebalan yang kalian inginkan. 

Bentuk adonan menyerupai donat
    Setelah digilas, potong adonan hingga menyerupai donat mini. Tata kue di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti. Disini aku potong dengan spuit agar bentuknya lebih rapih. Kue kering donat ini akan mengembang ketika di oven karena faktor dari margarin yang kita kocok tadi. 

Panggang di oven atau teflon
    Panggang di oven yang sudah di panaskan sebelumnya. Panggang selama 25 menit dengan suhu 140°C atau sampai matang. Jika menggunakan teflon, panaskan teflon terlebih dahulu. Gunakan saringan kukusan dan  alasi dengan kertas roti. Tata kue kering yang sudah kita bentuk. Tutup dan gunakan api kecil hingga kue keringnya matang.

Lelehkan coklat untuk topping
    Didihkan air dan tim coklat yang sudah dipotong-potong kecil. Gunakan api kecil dan aduk-aduk terus sampai coklatnya meleleh. Berbeda dengan coklat sebelumnya., untuk coklat putih atau warna-warni posisi api kompor harus mati. Jika apinya masih menyala, coklatnya malah menggumpal dan tidak meleleh. Tim cokelat putih setelah airnya mendidih dan langsung di matikan api kompornnya.

Hias kue kering
    Masukan cokelat ke dalam plastik segitiga supaya mudah di semprotkan. Pertama aku berikan lelehan coklat ke seluruh permukaan kue kering. Lalu diberi sentuhan lelehan coklat warna lainnya dengan bentuk zig-zag.

    Tinggal nunggu coklatnya kering deh! Gampangkan cara buatnya? Untuk cara membuat kue kering donat 3 bahan ini juga bisa kalian lihat di video:

Terimakasih sudah mampir.

#kuelebaran #kuedonat #asahidtehyung

0 komentar:

Posting Komentar