RESEP MUDAH STEAK CRISPY LENGKAP DENGAN SAUS LADA HITAMNYA


Assalamualaikum teman-teman. Kali ini teteh mau bikin kreasi masakan dari bahan daging sapi yaitu teteh mau buat steak sapi crispy, kalo kalian gak ada daging sapi, bisa di ganti dengan ayam. Penasaran kan gimana cara buatnya? yuk langsung aja disimak cara buatnya. 

Bahan :
- 200 gr sirloin
- 1 butir telur
- 150 gr tepung serbaguna
- 1 sdm tepung maizena

Bahan marinasi :
- 3 siung bawang putih halus
- 2 sdm saus tiram
- 1 sdt lada

Bahan saus lada hitam :
- 2 sdm mentega
- 1/2 siung bawang Bombay, cincang
- 3 siung bawang putih, cincang
- 300 ml air
- larutan tepung terigu ( 1 1/2 sdm tepung terigu larutkan dengan 3 sdm air )
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 2 sdt lada hitam

Pelengkap :
- kentang 
- buncis
- wortel 

Resep yang mungkin kalian suka :

Cara membuat :
-Siapkan daging, pukul-pukul daging agak tipis. Selanjutnya masukkan bawang putih halus, saus tiram, lada bubuk kemudian aduk hingg tercampur rata. Masukkan daging yang sudah di pukul dan balurkan bumbu kesemua daging, tutup dan diamkan selama 30 menit di kulkas. 










-Selanjutnya siapkan kentang, wortel dan buncis. Potong-potong semua sayurannya, lalu rebus kentang hingga empuk. Rebus 15 menit jika sudah 15 menit Angkat tiriskan, selanjutnya rebus wortel dan buncis selama 3 menit lalu angkat dan tiriskan. 










-Selanjutnya panaskan mentega. Masukkan potongan bawang bombay, bawang putih. Masak sampai tercium bau harum tuang air dan masak hingga mendidih. Tambahkan saus tiram, kecap manis, gula, garam, kaldu bubuk, larutan tepung aduk dan masak hingga mengantal. 











-Siapkan tepung terigu, tepung maizena. Lumuri daging dengan tepung sampai merata. Siapkan kocokan telur. Masukkan daging ke kocokan telur, baluri lagi sampai tercampur rata jika ingin lebih kriuk kita balik lagi ke campuran telur lakukan berulang-ulang agar lebih crispy.










-Jika sudah terbaluri tepung kita panaskan minyak sampai benar-benar panas masukkan daging yang sudah di baluri tepung, goreng sampai kuning keemasan. 











-Jika sudah terasa matang angkat dan tiriskan. sajikan bersama pelengkap sayuran yang sudah di rebus tadi dan tuang saus lada hitamnya.










Nah udah jadi nih steak crispynya. Gimana buatnya gak terlalu susah kan? yuk langsung aja di coba di rumah ya dan jangan lupa tonton juga vidionya. 

Terimakasih. Selamat mencoba 😉
#steakcrispy #sausladahitam #resepsteak

0 komentar:

Posting Komentar